Malaysia Sita 1,2 Ton Sabu Kristal asal Myanmar

Willy Haryono    •    Senin, 28 May 2018 17:03 WIB
narkotika internasionalmalaysia
Malaysia Sita 1,2 Ton Sabu Kristal asal Myanmar
Barang bukti sabu kristal dipajang di BNN, Jakarta, 24 Januari 2014. (Foto: Antara/M AGUNG RAJASA)

Kuala Lumpur: Otoritas Malaysia menyita 1,2 ton sabu kristal asal Myanmar yang disembunyikan dalam kotak teh seduh. Ini merupakan kelanjutan dari penyitaan narkotika berskala besar di Malaysia.

Seperti dikutip dari AFP, Senin 28 Mei 2018, enam orang ditangkap dalam operasi kepolisian tersebut, yang terjadi di Port Klang di pinggiran Kuala Lumpur pada 22 Mei lalu.

Direktur Jenderal Bea Cukai Malaysia Subromaniam Tholasy mengatakan sabu kristal yang disita diestimasi bernilai 71 juta ringgit atau setara Rp249 miliar. Sabu ini disimpan dalam sebuah kontainer dari Yangon, Myanmar.

Subromaniam menyebut sabu kristal yang disita ini merupakan terbesar di Malaysia dalam hal nilai dan berat.

"Kami meyakini narkotika ini ditujukan untuk pasar Malaysia, yang merupakan operasi sindikat kriminal lokal dengan geng narkotika Myanmar," tutur Subromaniam.

Tiga warga Malaysia dan tiga Myanmar berusia antara 22 dan 48 tahun telah ditangkap dalam operasi. Mereka terancam hukuman mati jika terbukti bersalah telah mengedarkan narkotika.

Selain sabu kristal, petugas juga menemukan heroin seberat 750 gram dan satu juta rokok ilegal.

Myanmar telah menjadi negara pamasok sabu utama, yang menyebarkan produknya tersebut Asia Tenggara dan kontinen lainnya.


(WIL)