Latihan Perwira Baru, Kapal Perang Jepang Tiba di Jakarta

Sonya Michaella    •    Senin, 04 Jun 2018 11:44 WIB
indonesia-jepang
Latihan Perwira Baru, Kapal Perang Jepang Tiba di Jakarta
Kedatangan kapal Kashima dan Makinami ini disambut oleh Danlantama III Laksmana TNI Denih Hendrata (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Kapal perang Jepang mengunjungi Jakarta dalam bagian latihan untuk para perwira muda. Dua kapal perang datang ke Pelabuhan Tanjung Priok, Senin 4 Juni.
 
Dua kapal perang Jepang itu bernama Kashima dan Makinami dan kini sudah merapat ke Jakarta.
 
Kedatangan kapal Kashima dan Makinami ini disambut oleh Danlantama III Laksmana TNI Denih Hendrata, sekitar pukul 09.30 WIB. Kedua kapal ini langsung berlayar dari Jepang melewati Laut China Selatan menuju Indonesia.
 
"Indonesia menjadi tempat singgah pertama kami langsung dari Jepang. Menurut kami, Indonesia adalah negara maritim terbesar di kawasan ini," kata Laksamana Muda Izumi Hiroyuki, Senin 4 Juni 2018.
 
"Pelayaran ini adalah latihan jarak jauh untuk melatih para perwira yang baru saja dilantik dan untuk meningkatkan hubungan Jepang dan Indonesia," lanjut dia.


Para perwira Angkatan Laut Jepang yang tiba di Jakarta (Foto: Sonya Michaella).
 
Dari Indonesia, kapal Kashima dan Makinami akan berlayar menuju Uni Emirat Arab. Total ada 10 negara yang akan disinggahi dalam kurun waktu lima bulan ke depan.
 
Jumlah total awak kedua kapal adalah 600 orang dengan disertai 119 perwira muda. Mereka nantinya akan dilatih bagaimana menghadapi kesulitan di tengah laut dan juga dipersiapkan jika bahaya mengancam seperti perang.
 
Hiroyuki mengatakan, hubungan kedua negara sangat penting tak hanya dalam kerja sama ekonomi namun juga maritim untuk meningkatkan kemakmuran dan perdamaian di kawasan Asia.
(FJR)