Berpacu Melawan Hujan Selamatkan Anak-anak Thailand di Gua

Arpan Rahman    •    Kamis, 05 Jul 2018 18:05 WIB
thailand
Berpacu Melawan Hujan Selamatkan Anak-anak Thailand di Gua
Tim penyelamat berupaya keras melakukan evakuasi tim sepakbola anak dari gua di Chiang Rai (Foto: AFP).

Tham Luang: Penyelamat Thailand pada Kamis 5 Juli mengatakan mereka mungkin akan menggali gua di mana 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka terkurung. Gua akan banjir jika hujan diperkirakan turun ke lereng gunung dan membahayakan misi penyelamatan.
 
Baca juga: Hujan Deras Persulit Penyelamatan 13 Orang dari Gua Thailand.
 
13 set peralatan selam dipersiapkan untuk tim, yang telah menginap 12 malam di bawah tanah kompleks goa Tham Luang di Thailand utara.
 
Air dipompa keluar dari goa yang banjir sepanjang waktu, mengurangi tinggi muka air satu sentimeter per jam.
 
Tetapi dengan perkiraan hujan akan dimulai pada Jumat, gubernur provinsi Chaing Rai yang menolong upaya penyelamatan mengakui misi itu sekarang "berpacu melawan air".
 
"Perhatian terbesar kami adalah cuaca. Kami menghitung berapa banyak waktu yang kami miliki jika hujan turun, berapa jam dan hari," kata Narongsak Osottanakorn kepada wartawan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.
 
Dalam sebuah tanda mendesak, Narongsak berkata petugas medis dan penyelam Angkatan Laut Thailand menilai apakah anak-anak itu cukup sehat dibawa keluar lebih awal. Katanya, "tidak ada risiko" yang akan dipertaruhkan dengan evakuasi.
 
Dibutuhkan ahli menyelam goa berpengalaman sekitar enam jam untuk mencapai langkan yang berlumpur tempat anak-anak berlindung.
 
Banyak anak-anak -- yang berusia antara 11-16 -- tidak dapat berenang dan tidak ada yang memiliki pengalaman menyelam.
 
Baca juga: Pesan Penambang Chile untuk 12 Bocah Terjebak di Gua Thailand.
 
Tiga hari setelah kontak dilakukan dengan kelompok itu, para ahli Navy SEAL Thailand terus mengajari mereka dasar-dasar menyelam.
 
Namun area di mana penyelaman masih diperlukan sangat rentan dan mungkin mengharuskan anak laki-laki untuk berenang di air keruh tanpa ditemani.
 
Hujan yang semakin deras telah meningkatkan kecemasan di antara sanak keluarga dari anak-anak yang terperangkap. Pada Rabu, mereka tampak tersenyum, terbungkus selimut foil dan kesehatan yang baik dalam rekaman video yang diedarkan Angkatan Laut Thailand.
 
Beberapa penyelam Angkatan Laut Thailand dan petugas medis tinggal bersama mereka dan rekaman video menunjukkan kelompok itu baik-baik saja.


(FJR)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

39 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA