Orkestra Korut Didemo Warga Korsel

Sonya Michaella    •    Jumat, 09 Feb 2018 02:29 WIB
korea utarakorsel-korut
Orkestra Korut Didemo Warga Korsel
Orkestra Samjiyon Band di Seoul. (Foto: AFP)

Seoul: Pertunjukan orkestra Korea Utara (Korut) dikecam puluhan pengunjuk rasa Korea Selatan (Korsel). Orkestra ini hadir di Korsel sebagai bagian dari pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Pertunjukan dari Samjiyon Band ini diselenggarakan di kota pesisir Gangneung. Mereka memainkan lagu-lagu dari Korut dan Korsel serta lagu musikal Broadway.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat 9 Februari 2018, suguhan kesenian tersebut berakhir dimulai dengan sambutan hangat dan tepuk tangan di akhir dari penonton yang mayoritas warga Korsel.

Sementara itu, sekitar 80 orang melakukan demo di luar gedung pertunjukan. Mereka memainkan lagu yang menentang Olimpiade Pyeongchang karena Korut ikut serta berlaga.

Sekitar 100 pasukan keamanan diturunkan untuk mengamankan jalan dan gedung tempat berlangsungnya orkestra.

"Mereka di sini untuk membodohi warga Korsel dan saya tidak dapat menerimanya," teriak salah satu pedemo.

Di samping itu, orkestra Samjiyon Band ini akan tampil dua kali lagi di Seoul pada Minggu 11 Februari mendatang. 

Terkait dengan olimpiade, Presiden Korsel Moon Jae-in bahkan dijadwalkan akan bertemu dengan adik pemimpin Korut, Kim Jong-un, yang bernama Kim Yo-jong.

Olimpiade ini memicu mencairnya hubungan di semenanjung itu setelah ketegangan meningkat tahun lalu ketika Korut melakukan beberapa uji coba senjata. 
 
Seoul menganjurkan peningkatan dialog dengan rezim tersebut, mungkin dengan harapan agar dapat dilanjutkan setelah Olimpiade. Sekaligus membuat peluang tersebut bertentangan dengan Amerika Serikat (AS), yang bertekad mengambil garis keras.



(DMR)