Korut jadi Bahasan Utama Pertemuan AS-ASEAN

Sonya Michaella    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:01 WIB
ktt as-asean
Korut jadi Bahasan Utama Pertemuan AS-ASEAN
Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson hadiri KTT AS-ASEAN. (Foto: AFP)

Jakarta: Korea Utara (Korut) tetap menjadi isu utama yang dibahas saat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melakukan pertemuan dengan ASEAN di sela KTT ASEAN ke-31 di Filipina.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Duta Besar AS untuk ASEAN Daniel Shield lewat telekonferensi yang digelar di Kedutaan Besar AS di Jakarta.

“Korut tetap menjadi perhatian kami saat pertemuan AS-ASEAN. Presiden Trump menekankan bahwa sanksi ekonomi dan politik harus terus diberlakukan untuk Korut,” ujar Shield, Rabu 15 November 2017.

Dengan hadirnya Trump dan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson di pertemuan ini, semakin menguatkan komitmen ke ASEAN bahwa AS sangat menentang program nuklir balistik milik Pyongyang.

“Trump dan Tillerson juga berbicara dengan para pemimpin negara anggota ASEAN yang menekankan bahwa program nuklir Korut harus segera dihentikan,” ungkap Shield lagi.

Dari Indonesia, Presiden Joko Widodo juga meminta agar Korea Utara menghentikan rencana uji coba nuklir. Negara pimpinan Kim Jong-un itu didesak harus mematuhi resolusi dewan keamanan PBB.

“Dari segi politik dan keamanan kita paham betul adanya titik-titik yang rentan ketegangan, antara lain Semenanjung Korea. Posisi Indonesia dan posisi ASEAN sudah sangat jelas terhadap situasi Semenanjung Korea," tegas Jokowi dalam KTT ke-20 ASEAN Plus Three (APT), kemarin.

Jokowi juga menegaskan bahwa stabilitas dan kesejahteraan rakyat di kawasan sangat tergantung bagaimana mengelola hubungan ASEAN Plus Three dan 13 negara di dalamnya.


(FJR)