Myanmar Hanya Izinkan 374 Rohingya Masuk Kembali

Sonya Michaella    •    Jumat, 16 Mar 2018 08:06 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Myanmar Hanya Izinkan 374 Rohingya Masuk Kembali
Pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh. (Foto: AFP)

Naypyitaw: Myanmar telah menyatakan bahwa pihaknya hanya akan menerima 374 pengungsi Rohingya masuk kembali ke Rakhine, dari ribuan pengungsi yang kini tinggal di perbatasan Bangladesh.

Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan angka yang diajukan Bangladesh, yakni 8.032 orang.

"Kloter pertama dari Myanmar hanya 374 orang," kata Sekretaris Urusan Luar Negeri Myanmar, U Myint Thu, dikutip dari Guardian, Jumat 16 Maret 2018.

Sebaliknya, Myanmar menyalahkan Bangladesh atas lambannya menjalankan proses tersebut. Myanmar juga menuding Bangladesh mengirimkan informasi yang tidak lengkap terkait pengungsi.

Ia menambahkan, pihaknya tidak dapat memastikan apakah sisa pengungsi lainnya sebelumnya benar tinggal di negara tersebut karena beberapa dokumen yang tidak menyertakan foto diri maupun sidik jari.

Petugas verifikasi justru mengaku menemukan tiga pengungsi terkait terorisme ada di dalam dokumen yang diusulkan Bangladesh.

Hingga saat ini, Bangladesh belum berkomentar terkait kesediaan Myanmar hanya menerima tak sampai 400 pengungsi Rohingya untuk kembali. 

Kesepakatan pemulangan pengungsi Rohingya dicapai kedua pemerintahan sejak November lalu dan seharusnya sudah dimulai sejak akhir Januari.

Namun, proses pemulangan sempat tertunda karena masih dilakukannya persiapan dan tahap verifikasi dokumen pengungsi, serta menyiapkan lokasi penampungan sementara di Myanmar.



(FJR)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA