Gunung Agung Meletus, Bali Democracy Forum X Tetap Sesuai Rencana

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 27 Nov 2017 08:44 WIB
erupsi gunung agung
Gunung Agung Meletus, Bali Democracy Forum X Tetap Sesuai Rencana
Foto terkini Gunung Agung pukul 06.00 WITA, Senin 27 November 2017/MTVN/Raiza Andini

Jakarta: Meletusnya Gunung Agung tak sebabkan perhelatan Bali Democracy Forum (BDF) X terhambat. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menuturkan, sejauh ini rencana BDF X masih sesuai jadwal.

Pasalnya, meletusnya Gunung Agung sebabkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup.

"Saat ini masih on schedule di Bali, kita terus monitor perkembangan," ujar Arrmanatha lewat pesan singkat kepada Metrotvnews.com, Senin, 27 November 2017.

Sementara itu, Raja Maroko, Mohammed VI, hingga saat ini masih dijadwalkan menghadiri BDF X. "Saat ini masih," imbuhnya.

BDF X akan digelar pada 7 hingga 8 Desember mendatang di Bali. Forum ini merupakan forum kerja sama tahunan negara-negara demokrasi di Asia, Afrika dan Pasifik.

Forum tersebut biasanya diadakan setiap Desember. Sesuai namanya, BDF selalu dilaksanakan di Bali.

Forum ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas demokrasi dan institusi demokrasi melalui diskusi antar-negara. Terdapat 20 negara yang menjadi peserta dalam forum ini yang mana tiap negara diwakili oleh masing-masing Menteri Luar Negeri.

Acara ini digelar pertama kali pada 10-11 Desember 2008 dengan tema Building and Consolidating Democracy: A Strategic Agenda for Asia. Tahun ini, BDF memasuki usia ke-10. Karenanya diharapkan beberapa kepala negara hadir dalam forum tersebut.



(WIL)