PM Jepang Sambut Baik Keputusan Pertemuan Trump dan Kim Jong-un

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 09 Mar 2018 10:27 WIB
amerika serikatnuklir korea utara
PM Jepang Sambut Baik Keputusan Pertemuan Trump dan Kim Jong-un
PM Jepang sambut baik pembicaraan denuklirisasi AS-Korut. (Foto: AFP).

Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyambut baik keputusan pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Shinzo Abe dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pada akhir Mei mendatang.

"Saya sangat menghargai perubahan Korut sehingga mereka mau memulai pembicaraan mengenai premis denuklirisasi," ucap Abe, seperti dilansir dari laman AFP, Jumat 9 Maret 2018.

Dia menambahkan, dirinya akan mengunjungi AS dan bertemu Trump pada awal April mendatang.

Jepangs endiri telah berhati-hati dengan pendekatan yang dilakukan Korea Selatan (Korsel) sejak olimpiade lalu. Abe sendiri menuturkan pada Kamis lalu, jika pembicaraan terjadi tanpa perundingan, tak ada artinya.

Namun, keputusan Trump dan Gedung Putih dianggapnya sebagai tanda positif untuk perdamaian dunia. Dia mengatakan, kesediaan Korut tersebut sebagai pencapaian kerja sama antara Jepang, AS dan Korsel dalam menghadapi tekanan besar.

"Namun tetap tidak ada perubahan kebijakan untuk Jepang dan Amerika Serikat," katanya.

"Kami akan terus memberikan tekanan maksimal sampai Korut melakukan tindakan nyata terhadap denuklirisasi dengan cara yang benar, dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah lagi.

Abe menuturkan, dia berbicara dengan Trump pagi tadi. "Dan dia setuju saya mengunjungi AS dan mengadakan pertemuan dengan dia pada awal April," ungkapnya.

Jepang merupakan sekutu dekat AS di wilayah tersebut. Wilayah ini berada dalam garis tembakan langsung rudal Korut. Hal ini terlihat saat dua rudal Pyongyang melintas wilayah mereka pada 2017 yang memuci kemarahan warga Negeri Sakura tersebut.


(FJR)