Kelalaian di RS Korsel Tewaskan Empat Bayi

Willy Haryono    •    Jumat, 12 Jan 2018 13:46 WIB
korea selatan
Kelalaian di RS Korsel Tewaskan Empat Bayi
Ilustrasi bayi. (Foto: Medcom.id)

Seoul: Kebersihan yang tidak terjaga di unit perawatan intensif sebuah rumah sakit swasta di Seoul menewaskan empat bayi baru lahir dalam kurun waktu dua jam bulan lalu. 

Menurut keterangan kepolisian Seoul, Jumat 12 Januari 2018, lima staf medis -- dua dokter dan tiga perawat -- di Rumah Sakit Ewha akan dijerat pasal pembunuhan tak disengaja. 

Insiden seperti ini jarang terjadi di Korea Selatan, negara yang memiliki teknologi terdepan di berbagai sektor. Korsel juga menjadi destinasi utama bagi pariwisata medis, terutama mengenai operasi plastik. 

Uji coba darah dari keempat bayi prematur di RS Ewha menunjukkan mereka semua terinfeksi bakteria yang sama. Bakteria yang resisten terhadap obat-obatan ini menimbulkan reaksi fatal di tubuh keempat bayi. 

Badan Forensik Nasional Korsel (NFS) mengatakan keempat bayi itu mengalami perubahan detak jantung secara drastis dan perut yang mengembung. 

"Merupakan hal langka adanya kematian akibat infeksi bakteri dalam waktu yang hampir bersamaan," kata NFS, seperti dikutip AFP.

NFS menyebut keempatnya mungkin telah diberikan suplemen nutrisi yang terkontaminasi, atau suplemen itu sudah terkontaminasi selama proses pembuatan.


(WIL)