Menlu Swaraj Harap Indonesia Jadi Penguat Kerja Sama ASEAN-India

Sonya Michaella    •    Sabtu, 06 Jan 2018 13:18 WIB
indiaasean
Menlu Swaraj Harap Indonesia Jadi Penguat Kerja Sama ASEAN-India
Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj (paling kiri) inginkan pengembangan kerja sama India dan ASEAN (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj mengapresiasi upaya Indonesia, sebagai negara anggota ASEAN, untuk tetap menjalin sekaligus meningkatkan kerja sama dengan India. 
 
 
Hal ini ia ungkapkan di depan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Sekretaris Jenderal ASEAN yang baru, Lim Jock Hoi dalam pembukaan diskusi Think Tank ASEAN-India ke-5, pagi tadi.
 
"Saya harap Indonesia terus menjadi pelopor untuk mengembangkan hubungan kerja sama ASEAN dan India, mengingat usia hubungan kedua belah pihak sudah mencapai 25 tahun," kata Swaraj, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu 6 Januari 2017.
 
"Hubungan ASEAN dan India termasuk hubungan yang penting bagi kami. ASEAN juga mitra kami yang penting dalam beberapa bidang," lanjutnya.
 
Swaraj juga mengungkapkan bahwa kawasan maritim Asia Tenggara dan India merupakan kawasan yang kaya akan arsitektur laut. Sehingga, keamanan maritim menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.
 
"Terutama hubungan Indo-Pasifik lewat kerja sama maritim kita bersama. Maka itulah Think Tank ini amat penting bagi kita berbagi ide dan masukan untuk meningkatkan hubungan," ucap dia lagi.
 
Selain itu, Swaraj juga mengapresiasi hubungan ekonomi ASEAN dan India yang semakin membaik. Hingga saat ini, hubungan ekonomi dan investasi ASEAN-India terbesar ketujuh dunia.
 
Hal ini juga ditanggapi positif oleh Menlu Retno yang mengatakan bahwa hubungan ekonomi kedua negara harus dikembangkan lagi.
 
 
Memperingati 25 tahun hubungan ASEAN dan India, sebuah acara peringatan pun akan digelar di New Delhi pada akhir bulan ini.
 
Dijadwalkan Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri peringatan ini memenuhi undangan dari Perdana Menteri India Narendra Modi.



(FJR)