RI, Filipina dan Malaysia akan Bahas Rekonstruksi Marawi

Sonya Michaella, Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 12 Nov 2017 17:26 WIB
terorisme di filipina
RI, Filipina dan Malaysia akan Bahas Rekonstruksi Marawi
Menlu RI Retno Marsudi. (Foto: ANTARA/STAF PUSPA PERWITASARI)

Metrotvnews.com, Manila: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan dirinya akan bertemu dengan Malaysia dan Filipina dalam konteks trilateral membahas kondisi Marawi.

"Hari ini saya bertemu dengan Malaysia dan Filipina untuk membahas Marawi dan proyeksi ke depannya," kata Menlu Retno dalam video dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Metrotvnews.com, Minggu 12 November 2017.

"Menlu Filipina sendiri sudah menyampaikan rekonstruksi Marawi, karena kerusakan infrastrukturnya juga lumayan. Makanya, perlu rekonstruksi ke depan, rencananya seperti apa dan dibantu yang lain," lanjut dia.

Menlu Retno mengungkapkan, saat bertemu di Manila, Juni lalu, sudah disusun plan of action untuk sekarang, terutama dengan ASEAN.

"Dengan ASEAN, dibahas apa yang perlu dibantu dari Marawi ini. Dalam pertemuan nanti, Indonesia juga akan berikan update, termasuk plan of actionnya seperti apa," tegas Menlu Retno.

Pertemuan trilateral informal ini adalah  tindak lanjut dari pertemuan trilateral yang membahas Marawi dan akan dilakukan di sela KTT ASEAN yang akan digelar besok.

Dalam pertemuan sebelumnya sudah ada beberapa rencana yang sudah disepakati ketiga negara untuk menanggulangi terorisme.





(FJR)