Cuaca Buruk, Trump Batal Kunjungi DMZ Korsel-Korut

Sonya Michaella    •    Rabu, 08 Nov 2017 08:38 WIB
as-korsel
Cuaca Buruk, Trump Batal Kunjungi DMZ Korsel-Korut
Helikopter Kepresidenan AS yang batal membawa Donald Trump ke DMZ karena cuaca buruk. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump batal mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) yang direncakan hari ini karena cuaca buruk.

Pagi hari tadi, Trump sudah meninggalkan hotel di Seoul dan menuju pangkalan militer Yongsan. Namun, penerbangan helikopter ke DMZ harus dibatalkan karena kabut tebal.

"Gedung pencakar langit di Seoul hampir tidak terlihat karena kabut sangat tebal," lapor pangkalan militer Yongsan, dikutip dari Strait Times, Rabu 8 November 2017.

Mulanya, helikopter Marine One sudah lepas landas dari Yongsan. Tetapi karena kabut semakin tebal, rombongan Trump terpaksa kembali. Mereka juga telah menunggu selama satu jam, namun cuaca semakin memburuk.

Awalnya, tidak ada rencana Trump untuk mengunjungi DMZ. Namun, pada pagi tadi, Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders mengubah jadwal dan memberitahu lebih awal tentang kunjungan mendadak Trump ini.

"Rencananya, Presiden Korsel Moon Jae-in juga akan bergabung. Ini akan menjadi pertama kalinya Presiden AS dan Korsel mengunjungi DMZ. Tapi harus dibatalkan," ujar Sanders.

Perjalanan bersama ke DMZ ini diusulkan oleh Moon saat pertemuan puncak bilateral AS-Korsel, kemarin. Gedung Putih menegaskan, kunjungan Trump ke Korsel untuk menunjukkan komitmen AS untuk kerja sama dengan Korsel demi melawan Korut.

Sebelumnya, Wakil Presiden AS Mike Pence, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis telah mengunjungi DMZ tahun ini dalam perjalanan terpisah. 


(FJR)