Menlu Korut Dikabarkan akan Hadir di Pertemuan ASEAN

Sonya Michaella    •    Rabu, 26 Jul 2017 16:11 WIB
korea utaraasean
Menlu Korut Dikabarkan akan Hadir di Pertemuan ASEAN
Bendera Korea Utara. (Foto: northkoreaflag.facts.co)

Metrotvnews.com, Manila: Menteri Luar Negeri Filipina, Alan Peter Cayetano menerima kedatangan delegasi Korea Utara (Korut) yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri Choe Hui Choi untuk membahas persiapan Forum Regional ASEAN, pekan depan.

"Tujuan kunjungan tersebut untuk membahas kehadiran Menteri Luar Negeri Korut, Ri Su Yong, di forum tersebut," kata Cayetano, seperti dikutip Reuters, Rabu 26 Juli 2017.

Dua diplomat Korut mengaku khawatir ASEAN akan mengeluarkan pernyataan keras terkait situasi Semenanjung Korea dan menekan Pyongyang dalam ASEAN Ministerial Meeting (AMM) pekan depan di Manila.

Seorang pejabat dari Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan, ini bukan kali pertama Korut mengirim para diplomatnya untuk meminta ASEAN tak menekan Negara Komunis tersebut.

Awal tahun ini, Pyongyang juga sempat mengirim sejumlah diplomatnya untuk mengajukan banding ke ASEAN agar tak 'mempermalukan' Korut dalam pertemuan yang akan dihadiri Jepang, Rusia, China, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Tak hanya itu, Korut juga mengirimkan surat kepada Sekretaris Jenderal ASEAN terkait hal ini.

Selain itu, beredar kabar bahwa Cayetano diminta datang ke Pyongyang untuk memberikan dukungan.

"Sampai sekarang, tidak ada rencana soal itu. Kami harus berkonsultasi dengan ASEAN, Jepang, Korsel, China, Rusia dan AS," ujarnya.

"Fokus kami belum berubah, stabilitas di Semenanjung Korea harus diutamakan," kata dia.






(FJR)