Sekolah di Malaysia Dilalap Api, 25 Orang Tewas

Sonya Michaella    •    Kamis, 14 Sep 2017 10:20 WIB
kebakaranmalaysia
Sekolah di Malaysia Dilalap Api, 25 Orang Tewas
Lokasi sekolah agama yang dilalap api. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Sebanyak 25 orang, yang mayoritas adalah siswa, tewas dalam insiden kebakaran di sebuah sekolah di Malaysia.

Kebakaran ini disinyalir terjadi pada dini hari tadi, di Sekolah Tahfiz Darul Quran Ittifaqiyah, yang terletak di pusat ibu kota Kuala Lumpur.

Petugas pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian. Dilaporkan, api berhasil dipadamkan dalam waktu satu jam. 

"Ini adalah insiden kebakaran terburuk dalam kurun waktu 20 tahun terakhir," kata Direktur Departemen Penyelamatan Kuala Lumpur Khirudin Drahman, dikutip dari AFP, Kamis 14 September 2017.

Dikonfirmasi pula, 23 dari korban tewas adalah siswa dan dua lainnya adalah penjaga sekolah. Mereka tewas tidak dengan luka bakar namun disinyalir karena kehabisan oksigen dan menghirup asap.

Sehubungan dengan kebakaran ini, sejumlah media Malaysia melaporkan bahwa pengamanan di sekolah khusus agama tersebut, tidak menunjang.

Sekolah ini juga termasuk dalam sejumlah sekolah agama atau tahfiz yang tidak terdaftar. Sebanyak 211 kebakaran kerap terjadi di sekolah-sekolah yang tidak terdaftar.

Lebih dari 500 tahfiz yang diakui oleh pemerintah. Namun, ternyata masih banyak tahfiz yang tidak mendaftarkan perizinannya untuk beroperasi di Negeri Jiran tersebut.

Agustus lalu, 16 orang, termasuk delapan siswa, berhasil selamat dari kebakaran di sebuah tahfiz di Baling, negara bagian Kedah.



(FJR)