Sambangi Jakarta, Raja Swedia Bawa 60 Pengusaha

Sonya Michaella    •    Kamis, 18 May 2017 13:16 WIB
indonesia-swedia
Sambangi Jakarta, Raja Swedia Bawa 60 Pengusaha
Raja Swedia Carl XVI Gustaf (Foto: AFP/Hendrik Schmidt)

Metrotvnews.com, Jakarta: Raja Swedia, Raja Carl XVI Gustaf, didampingi Ratu Silvia akan mengunjungi Indonesia pada 22-24 Mei pekan depan dengan membawa delegasi di berbagai bidang.

"Selain didampingi Ratu Silvia, Raja Gustaf akan membawa sejumlah delegasi yaitu Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan di bidang anak dan gender serta delegasi bisnis dari 35 perusahaan Swedia di mana di dalamnya terdapat sekitar 60 pengusaha," kata Direktur Eropa II Kementerian Luar Negeri RI, Witjaksono Adji.

Berbicara dalam jumpa pers mingguan di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017, Witjak, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa investasi dan perdagangan menjadi salah satu fokus kunjungan Raja Gustaf.

"Selain itu, fokus kunjungan Raja Gustaf juga menyangkut sektor energi, riset dan teknologi, pertahanan dan transportasi," ucap dia.

Diharapkan juga, terbentuknya sebuah kesepakatan di sejumlah sektor tersebut. Ia menegaskan, sampai saat ini masih dibicarakan dan terus dinegosiasi untuk dibentuknya kesepakatan.

"Masih terus dinego dan dibicarakan. Tentu kita usahakan. Tapi pasti nanti akan ada G2G, lalu ada agency-to-agency, ada kesepakatan ekonomi dan bisnis juga," tutur Witjak.

Kunjungan Raja Swedia ini juga merupakan kunjungan kenegaraan perdana ke Indonesia. Sebelumnya, Raja Gustaf menyambangi Indonesia pada 2012 saat dirinya menjadi Ketua Pandu Dunia.

"Kunjungan terakhir dari Indonesia ke Swedia itu terjadi pada saat 2013, yang dilakukan oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono," ungkap dia lagi.

Sampai saat ini, banyak negara Nordik yang sudah melakukan kunjungan ke Indonesia. Sebelum Swedia, pada November 2015 kunjungan kenegaraan dari Presiden Finlandia, sedangkan pada Oktober 2015 Ratu Denmark pun sudah mengunjungi Jakarta dan April 2015 merupakan kunjungan Perdana Menteri Norwegia.


(WAH)