Kerangka CoC Laut China Selatan akan Disepakati di Pertemuan Menlu ASEAN

Sonya Michaella    •    Jumat, 28 Jul 2017 16:11 WIB
laut china selatan
Kerangka CoC Laut China Selatan akan Disepakati di Pertemuan Menlu ASEAN
Direktur Politik dan Keamanan ASEAN Kemenlu RI, Chandra Widya Yuda (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kerangka kerja dari Code of Conduct (CoC) Laut China Selatan akan disepakati di Pertemuan tingkat Menteri ASEAN atau ASEAN Ministerial Meeting (AMM) yang digelar pekan depan di Manila, Filipina.
 
"Indonesia jelas mendorong perundingan penyelesaian CoC untuk disegerakan. Harapan kita, adalah adanya suatu komitmen bagi semua, khususnya ASEAN dan China untuk menuju kesepakatan," tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir kepada awak media di Kemenlu RI, Jakarta, Jumat 28 Juli 2017.
 
Senada dengan Arrmanatha, Direktur Politik dan Keamanan ASEAN Kemenlu RI, Chandra Widya Yuda juga mengatakan, pembicaraan soal CoC dengan China akan terus dilanjutkan.
 
"Ini adalah mandat dari kepala negara anggota ASEAN dan China serta Menlu RI tahun lalu untuk disegerakan CoC itu selesai tahun ini," tutur dia.
 
Menurut Chandra, komitmen antara ASEAN dan China sangat kuat untuk menyusun sebuah kerangka kerja untuk menciptakan keadaan Laut China Selatan yang damai dan aman.
 
ASEAN sendiri sudah melakukan semacam review, metode kerja dan implementasi. "Di berbagai kesempatan, kita terus mendorong implementasinya," tutur dia.
 
Namun, ASEAN juga harus memastikan implementasi tersebut bekerja dengan baik di suatu mekanisme yang komprehensif.
 
Perundingan soal CoC ini sempat mandek selama 15 tahun. ASEAN pun akhirnya berhasil mengajak China untuk duduk bersama melanjutkan perundingan ini. Perundingan dimulai sejak tahun lalu di mana diselenggarakan di Bali, Kamboja dan Gunyang, China. 



(FJR)