Gempa 6,2 SR Hantam Filipina, Guncang Bangunan

Fajar Nugraha    •    Jumat, 11 Aug 2017 14:05 WIB
gempa
Gempa 6,2 SR Hantam Filipina, Guncang Bangunan
Ilustrasi: AFP

Metrotvnews.com, Manila: Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah selatan Pulau Luzon, Filipina. Gempa terasa hingga ke Manila.
 
Jumat 11 Agustus 2017 warga Filipina dikejutkan dengan getaran yang memaksa mereka keluar rumah. Tidak hanya itu, gempa juga memaksa evakuasi di kantor-kantor dan sekolah.
 
"Tidak ada laporan korban jiwa ataupun korban luka akibat gempa," seperti dilaporkan AFP, Jumat 11 Agustus 2017.
 
Sebelumnya Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) sebelumnya menyebutkan, kekuatan gempa mencapai 6,6 SR. Namun angka tersebut direvisi.
 
Pihak Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina menyebutkan tidak bahaya tsunami dilaporkan dalam gempa ini. Mereka memperkirakan akan terjadi gempa susulan.
 
Filipina berada pada garis Cincin Api Pasifik dan kerap dilanda gempa. Deretan gunung berapi di Filipina masih banyak yang aktif.
 
Sebelumnya pada 5 Agustus lalu, gempa juga melanda Filipina. Gempa berkekuatan 5,8 SR mengguncang Pulau Mindanao.
 
 
Pusat gempa diketahui berada di sekitar 34 kilometer sebelah timur kota General Santos. Kota ini diketahui memiliki populasi sekitar 600 ribu jiwa.
 
USGS menyebutkan bahwa gempa memiliki kedalaman 74 kilometer, tetapi badan gempa Eropa (EMSC) menyebutkan kedalaman justru berada pada 10 kilometer. Hal ini bisa meningkatkan akibat gempa.



(FJR)