Injak Usia 50 Tahun, ASEAN Siapkan Diri Hadapi Tantangan ke Depan

Sonya Michaella    •    Jumat, 11 Aug 2017 11:08 WIB
asean
Injak Usia 50 Tahun, ASEAN Siapkan Diri Hadapi Tantangan ke Depan
HUT ke-50 ASEAN di Jakarta dihadiri Presiden Joko Widodo dan Sekjen ASEAN Lee Luong Minh, 11 Agustus 2017. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: ASEAN merayakan hari ulang tahunnya yang ke-50. Perayaan ini juga dihadiri olej Presiden RI Joko Widodo dan Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh.

"Tahun ini tahun yang penting bagi ASEAN yang memasuki usia ke 50. Kami, 10 negara, terus berjalan bersama untuk menghadapi tantangan," kata Sekjen Le pada pidato pembukaannya di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

"ASEAN harus terus bersatu dan berjalan beririgan ke depan, untuk mencapai tujuan bersama dan juga memberikan manfaat kepada masyarakat ASEAN," lanjut dia.

Sekjen Le menambahkan, hingga usia yang ke 50, ASEAN masih mampu menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. ASEAN juga berperan dan berkontribusi dalam perdamaian global.

"Kita harus terus menjaga stabilitas dan perdamaian, tak hanya saat ini tetapi untuk tahun-tahun ke depannya," tambah Sekjen Le.

Senada dengannya, Jokowi juga menuturkan hal yang sama. Bahkan, ia berharap agar ASEAN lebih menyatu lagi untuk menghadapi tantangan ke depannya.

"Tantangan yang dihadapi tidak mudah. Politik kawasan akan meningkat, di mana negara-negara besar memperebutkan kawasan Asia Tenggara. Asean harus mampu menjaga kesatuan," kata Jokowi.

Ia juga yakin bahwa ekonomi ASEAN akan terus melesat tinggi pada tahun-tahun ke depan. "Saat ini saja, ASEAN adalah ekonomi terbesar di dunia ke enam. 2022, ASEAN akan menjadi ekonomi kelima terbesar di dunia," sebutnya.

Pada perayaan ini, hadir pula Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman, Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, mantan Menlu Marty Natalegawa, mantan Menlu Hassan Wirajuda dan sejumlah duta besar perwakilan negara.


(WIL)