Hari Kartini, Pence Sebut Menlu Retno Inspirasi Wanita Indonesia

Sonya Michaella    •    Jumat, 21 Apr 2017 14:15 WIB
indonesia-as
Hari Kartini, Pence Sebut Menlu Retno Inspirasi Wanita Indonesia
Menlu Retno di Hotel Shangrila, Jakarta, Jumat 21 April 2017. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada hal yang cukup menarik di dalam sambutan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence pagi ini, Jumat 21 April 2017 di Hotel Shangrila, Jakarta. Pence, secara khusus, mengucapkan selamat Hari Kartini untuk Indonesia.

"Suatu kehormatan bagi saya bisa berada di Indonesia tepat di Hari Kartini. Kartini adalah acuan pergerakan wanita Indonesia dan simbol emansipasi," kata Pence dalam sambutannya.

Setelah itu, ia pun mempersilahkan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi untuk berdiri, sebagai simbol dari wanita hebat dan inspirasi bagi wanita Indonesia.

"Banyak sekali wanita hebat di Indonesia, salah satunya adalah Menlu Indonesia, Retno Marsudi," lanjut dia.

"Saya juga mendapat kesempatan untuk berbincang dengan wanita hebat lainnya yaitu mantan Menteri Perdagangan RI, Marie Elka Pangesti."


Mike Pence bersama Wapres Jusuf Kalla di Hotel Shangrilla. (Foto: MTVN)

Ditemui usai acara berakhir, Menlu Retno menyampaikan apresiasinya akan pidato Pence yang menyinggung dan mengucapkan selamat Hari Kartini untuk perempuan Indonesia.

"Saya kira, kita sangat mengapresiasi bahwa di dalam pernyataan Wapres Mike Pence disebut secara khusus ucapan Selamat Hari Kartini," jelas Menlu Retno.

Ucapan ini, kata dia, merupakan salah satu penghargaan untuk dunia internasional dari Amerika sendiri, khususnya dalam isu pemberdayaan wanita di Indonesia.


(WIL)