Antrean Panjang di Istana Kerajaan Thailand demi Melayat Raja Bhumibol

Sonya Michaella    •    Sabtu, 15 Oct 2016 16:54 WIB
raja thailand
Antrean Panjang di Istana Kerajaan Thailand demi Melayat Raja Bhumibol
Antrean panjang para pelayat di depan istana Thailand (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Antrean panjang terbentuk di depan Royal Palace atau Kerajaan Thailand di mana para rakyat Thailand mengantre untuk melayat Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej yang baru saja wafat.

Antrean ini pun sekilas menjadi 'lautan hitam'. Pasalnya, seluruh rakyat Thailand diperintahkan untuk memakai pakaian warna hitam selama masa berkabung.

Seperti dilansir BBC, Sabtu (15/10/2016), bus gratis pun disediakan sebagai transportasi rakyat yang tempat tinggalnya jauh dari kerajaan.

Jenazah Raja Bhumibol telah dipindahkan dari rumah sakit ke Kuil Emerald Buddha di Royal Palace. Ribuan pelayat menangis saat mengantre untuk menandatangani buku belasungkawa di depan Royal Palace.



Bendera setengah tiang terlihat di setiap sudut kota Bangkok dan pemerintah pun menetapkan masa satu tahun untuk waktu berkabung.

Pemerintah Thailand juga memerintahkan media yaitu stasiun televisi lokal dan biro stasiun televisi internasional, media cetak dan media online untuk menyiarkan warna hitam putih.

Presenter yang membawakan berita juga diharuskan mengenakan pakaian hitam putih sebagai tanda berkabung. Selain itu, mereka dilarang menganalisis atau mengkritik informasi pada berita kematian Raja.

Putra mahkota Thailand Maha Vajiralongkorn, memimpin pemandian jasad ayahnya dalam sebuah ritual tradisional pemakaman Budha.

Menurut tradisi, jenazah bangsawan Thailand ditempatkan dalam guci emas. Namun para pejabat istana mengatakan tradisi itu tidak berlaku lagi dan jasad raja akan ditempatkan di peti mati dengan guci kerajaan simbolik di dekatnya.




(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA