AS Akui Kepemimpinan Indonesia di Asia Tenggara

Fajar Nugraha    •    Rabu, 21 Sep 2016 16:30 WIB
indonesia-as
AS Akui Kepemimpinan Indonesia di Asia Tenggara
Menlu Retno Marsudi menerima Wamenlu AS Anthony Blinken (Foto: Dok.Kemenlu RI)

Metrotvnews.com, New York: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Menlu Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken. Blinken mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di Asia Tenggara. 
 
Pertemuan ini berlangsung di sela-sela Sidang Umum Majelis PBB di New York, 20 September 2016.
 
"Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan singkat tersebut antara lain, apresiasi Amerika Serikat terhadap kepemimpinan Indonesia di Asia Tenggara," pernyataan Kemenlu RI dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (21/9/2016).
 
Selain itu pertemuan juga membahas kesepakatan kerja sama dalam pemberantasan IUU Fishing akan ditingkatkan. 
 
Dalam kaitan ini juga dibahas rencana Indonesia menjadi tuan rumah Our Ocean Conference 2018, sebagai salah satu hasil pertemuan Our Ocean Conference 2016 yang baru saja diselenggarakan di Washington pada September 2016.
 
Kedua pihak juga mengapresiasi kerja sama untuk meningkatkan pluralisme dan toleransi melalui pertemuan perdana Indonesia-US Council on Religion and Pluralism di Yogyakarta pada 2016. Kerja sama semacam ini akan ditingkatkan di masa mendatang.
 
Selanjutnya, Indonesia mengundang Amerika Serikat  untuk hadir dalam Bali Democracy Forum yang akan diselenggarakan di Bali, 8-9 Desember 2016.



(FJR)