Rakyat Muda Malaysia Tak Puas dengan Kandidat PM

Sonya Michaella    •    Selasa, 30 Jan 2018 12:30 WIB
politik malaysia
Rakyat Muda Malaysia Tak Puas dengan Kandidat PM
Mahathir Mohamad (kiri) dan Najib Razak. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Perhelatan pemilihan umum Malaysia yang akan digelar sekitar Maret mendatang ternyata mendatangkan rasa ketidakpuasan terhadap rakyat, terutama yang masih berusia muda.

Rasa tidak puas ini mereka tunjukkan dengan membuat hestek di Twitter bertajuk #UndiRosak yang berarti gerakan manja.

"Kami tidak puas dengan dua koalisi politik yang bersaing. Kami tidak tahu akan memilih siapa untuk memimpin Malaysia selanjutnya," tulis salah satu akun di Twitter.

Sementara itu, sebuah tulisan yang ditulis seorang wartawan Malaysia bernama Zan Azlee dari Asian Correspondent, Selasa 30 Januari 2018, mengatakan bahwa partai utama pemerintah dan oposisi sama-sama tidak mumpuni untuk memimpin Negeri Jiran.

Ketika sampai pada partai berkuasa (pemerintah), banyak rakyat yang merasa korupsi akan terus ada di Malaysia.

"Sedangkan untuk oposisi, fakta bahwa sekarang mereka memiliki beberapa mantan anggota senior yang berasal dari partai yang berkuasa tidak memberi mereka kepercayaan diri," sebut tulisan itu.

Fakta bahwa mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad kini ditetapkan sebagai kandidat PM Malaysia berikutnya juga menjadi sebuah persoalan.

"Yang kami butuh adalah pemimpin yang bisa benar-benar mengubah pemerintahan," ungkap Zan.

Jadi, menurut dia, para aktivis yang menyebarkan hestek dan gerakan #UndiRosak ini adalah rakyat yang menunjukkan protes dan kemarahan mereka karena tidak ada pilihan yang tepat untuk pemilu mendatang.


(FJR)