Dubes Jepang Ingin Pembicaraan Korut-Korsel Buahkan Hasil

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 10 Jan 2018 16:29 WIB
korsel-korut
Dubes Jepang Ingin Pembicaraan Korut-Korsel Buahkan Hasil
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Foto:Medcom.id/Marcheilla)

Jakarta: Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menyambut baik pembicaraan antara Korea Selatan (Korsel) daan Korea Utara (Korut) yang dilaksanakan kemarin. Namun, jika tidak ada hasilnya, pembicaraan tersebut tidak memiliki arti banyak.

"Pembicaraan seperti ini selalu baik, namun kami telah menyampaikan di masa lalu, jika sebatas pembicaraan saja, maka tidak berarti banyak," ujarnya saat ditemui di Kementerian Luar Negeri usai mengisi East Asia Hours, Jakarta, Rabu 10 Januari 2018.

"Itu harus memiliki arah yang jelas, yang sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB, yakni denuklirisasi di Semenanjung Korea. Itu harus jadi fokus pembicaraan," imbuhnya.

Meski demikian, Masafumi menuturkan, dunia harus tetap berupaya mengubah sikap Korut

"Yang penting bagi kami kelanjutan untuk mengimplementasikan resolusi DK PBB untuk memberikan tekanan kepada Korut, untuk mengubah sikap mereka," tutupnya.

Perundingan antara delegasi Korea Utara dan Korea Selatan di derah demiliterisasi di Paju, Panmunjom, kemarin, 9 Januari 2018 menghasilkan empat hal.

Pertama, Korut akan berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang. Kedua, kedua negara akan melakukan pawai bersama dalam acara pembukaan dan penutupan Olimpiade. Ketiga, kedua negara juga sepakat untuk menunda pembicaraan militer untuk menghapuskan ketegangan di Semenanjung Korea.

Selain itu, Korsel mengusulkan untuk melanjutkan pembahasan reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea. Sayangnya, permintaan ini tidak masuk dalam pernyataan pers bersama. Terlebih, Korut enggan memberikan tanggapan terbuka atas usulan tersebut.

 


(WAH)