Indonesia akan Beri Hadiah Gedung Baru untuk Sekretariat ASEAN

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 04 Jan 2018 17:31 WIB
aseanindonesia-asean
Indonesia akan Beri Hadiah Gedung Baru untuk Sekretariat ASEAN
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir (Foto: Marcheilla Ariesta/Metrotvnews.com).

Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan melakukan peletakkan batu pertama untuk pembangunan gedung baru Sekretariat ASEAN. Gedung baru ini sebagai hadiah dari Indonesia untuk 50 tahun ASEAN.
 
"Pembangunan gedung ini merupakan kontribusi Indonesia sebagai hadiah 50 tahun ASEAN," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, saat ditemui di kantor Kemenlu, Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.
 
Arrmanatha mengatakan gedung baru ini akan dibangun di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, mengambil tanah bekas gedung Wali Kota Jakarta Selatan.
 
Gedung tersebut akan terdiri dari dua bangunan, masing-masing bangunan memiliki 16 lantai. Arrmanatha menuturkan gedung ini akan menjadi salah satu ikonik Kota Jakarta, sebagai ibu kota diplomatik ASEAN.
 
Bangunan baru ini nantinya akan didirikan di atas tanah seluas 11.369 meter persegi. Sementara luas bangunannya mencapai 44.000 meter persegi.
 
Bangunan ini mengambil tema green building level platinum, yang akan menonjolkan budaya Betawi.
 
Proses pembangunan gedung Sekretariat ASEAN ini akan memakan waktu lebih dari setahun, tepatnya 395 hari.
 
"Pembangunan gedung ini menunjukkan komitmen Indonesia terhadap ASEAN dan sekaligus memperkuat Sekretariat ASEAN," lanjut Arrmanatha.
 
Arrmanatha menuturkan, diharapkan gedung Sekretariat ASEAN yang baru ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di kawasan Asia Tenggara. Dia juga berharap setiap kegiatan ASEAN bisa dilakukan di gedung baru tersebut.



(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

16 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA