Persiapkan KTT, Orang Kepercayaan Kim Jong-un Kunjungi Singapura

Sonya Michaella    •    Selasa, 29 May 2018 11:05 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Persiapkan KTT, Orang Kepercayaan Kim Jong-un Kunjungi Singapura
Ada indikasi KTT AS-Korut akan tetap diadakan di Singapura. (Foto: AFP)

Singapura: Seorang kepercayaan dari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Singapura, diindikasikan untuk mempersiapkan pertemuan antara Kim dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Dilansir dari NHK, Selasa 29 Mei 2018, Kim Chang-son, yang juga Kepala Staf de facto Kim Jong-un, terbang ke Singapura melalui Tiongkok, pada Senin malam kemarin.

Pada saat yang sama, Kepala Deputi Staf Gedung Putih untuk operasi Joe Hagin juga dikabarkan meninggalkan Pangkalan Udara AS Yokota di Jepang ke Singapura.

Dikonfirmasi lebih lanjut, Gedung Putih mengatakan, ada tim yang melakukan perjalanan ke Singapura untuk bertemu dengan pihak Korut.

Namun ketika ditemui media di bandara Beijing, Kim Chang-son mengatakan kunjungannya ke Singapura adalah untuk berlibur.

Sempat mengalami ketegangan, peluang antara AS dan Korut untuk bertemu hidup kembali. 

Dalam sebuah pesan di Twitter, Trump berkata: "Saya yakin Korut memiliki potensi hebat, dan akan menjadi negara dengan perekonomian dan keuangan yang luar biasa suatu hari nanti. Itu akan terjadi!"

Optimisme Trump disampaikan usai dirinya sempat membatalkan rencana pertemuan di Singapura pada Kamis kemarin. Melalui sepucuk surat, Trump menuliskan mengenai sikap tidak bersahabat dari Korut.

Namun satu hari setelahnya, sikap Trump berubah 180 derajat dan mengatakan pertemuan dengan Kim masih mungkin terjadi.


(FJR)