Butuh Waktu untuk Evakuasi 12 Anak Terjebak di Gua Thailand

Fajar Nugraha    •    Selasa, 03 Jul 2018 09:59 WIB
thailand
Butuh Waktu untuk Evakuasi 12 Anak Terjebak di Gua Thailand
Salah seorang orangtua yang mendapatkan foto anaknya selamat terjebak di gua Thailand (Foto: AFP).

Bangkok: Proses evakuasi belum dilakukan untuk mengeluarkan 12 anak laki-laki dan seorang pelatih sepak bola yang ditemukan hidup setelah 10 hari terperangkap di dalam gua di Thailand.
 
Baca juga: Tim Sepakbola Anak Thailand Ditemukan Setelah 9 Hari Terjebak di Gua.

Mereka ditemukan pada Senin 2 Juli oleh dua orang penyelam. Namun untuk keluar dari gua di Chiang Rai itu perlu waktu lebih lama, karena gua dibanjiri air dan lumpur.
 
Penyelam berjuang melalui lorong-lorong sempit dan perairan keruh untuk menemukan anak-anak itu pada Senin malam. Mereka akhirnya menemukan mereka di sebuah batu yang ditinggikan sekitar empat kilometer dari mulut gua.
 
Tim penyelamat sekarang harus memutuskan cara terbaik untuk mengeluarkan kelompok itu di negara mereka yang lemah. Makanan dan persediaan medis yang sangat dibutuhkan,-termasuk gel berkalori tinggi dan parasetamol,- mencapai mereka pada hari Selasa saat tim penyelamat mempersiapkan kemungkinan bahwa mereka mungkin ada di sana untuk beberapa waktu.
 
"Jika Anda bertanya kepada saya sekarang, maka saya tidak berpikir mereka akan segera pulang," kata Gubernur Chiang Rai Narongsak Osottanakorn kepada wartawan, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa 3 Juli 2018.
 
"Kesehatan kelompok itu dinilai semalam oleh tim medis yang akan terus melakukan pemeriksaan," kata Narongsak seraya menjelaskan bahwa anak-anak itu menderita luka ringan.
 
"Kami mengkategorikan kondisi kesehatan mereka sebagai merah, kuning atau hijau, merah adalah luka yang paling parah, kuning menjadi ringan dan hijau menjadi ringan. Kemarin, secara tidak resmi, kami menilai sebagian besar berada di kategori hijau," imbuh Narongsak.
 
Narongsak mengatakan pekerja penyelamat sekarang akan fokus pada fase 'penyelamatan' dan kemudian serah terima kepada tim medis yang menunggu di luar gua.
 
Dia menambahkan bahwa dokter telah menyarankan pada jenis obat yang diperlukan untuk mencegah infeksi dan penyakit lainnya.
 
"Kami akan mempersiapkan untuk mengirim makanan tambahan untuk dipertahankan selama setidaknya empat bulan dan melatih semua 13 untuk menyelam sambil terus mengalirkan air," kata Kapten Angkatan Laut Anand Surawan, menurut pernyataan dari Angkatan Bersenjata Thailand.
 
Hilangnya satu tim sepakbola ini telah menyita perhatian satu negeri dan memicu dukungan yang sangat kuat bagi pihak keluarga. Tim sepakbola ini diperkuat oleh anak-anak berusia antara 11 hingga 16 tahun. Bersama pelatihnya, mereka menjelajah gua tersebut pada 23 Juni.
(FJR)