PM Jepang Kirim Persembahan ke Kuil Kontroversial Yasukuni

Willy Haryono    •    Senin, 17 Oct 2016 10:26 WIB
politik jepang
PM Jepang Kirim Persembahan ke Kuil Kontroversial Yasukuni
Pengunjung membungkukkan badan sebagai tanda penghormatan dii Kuil Yasukuni, Tokyo, Jepang, 14 Agustus 2016. (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Metrotvnews.com, Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kembali mengirimkan persembahan ke kuil kontroversial Yasukuni di Tokyo, sebagai penanda dimulainya festival musim gugur,Senin (17/10/2016). 

Yasukuni dipandang Tiongkok dan Korea Selatan maupun Korea Utara sebagai simbol kekejaman Jepang di zaman perang. 

Beberapa kunjungan petinggi Jepang ke Yasukuni telah membuat Beijing dan Seoul geram. Kedua negara kesal karena PM Abe memberikan penghormatan kepada 14 tokoh militer Jepang dan ratusan prajurit lainnya yang dinyatakan sebagai penjahat perang oleh pengadilan Sekutu. 

PM Abe satu kali mengunjungi Yasukuni pada Desember 2013 setelah dirinya menjadi penguasa Jepang satu tahun sebelumnya. Meski bertekad meningkatkan hubungan dengan Tiongkok dan Korsel, PM Abe tetap mengirim persembahan ke Yasukuni.

Selain PM Abe, seperti dikutip Reuters, perhatian juga tertuju kepada Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada, apakah dirinya akan datang ke Yasukuni atau tidak. Tiongkok menuduh Inada membelokkan data sejarah zaman perang. 

Saat peringatan menyerahnya Jepang kepada pasukan sekutu pada 15 Agustus, Inada yang baru ditunjuk menjadi Menhan sedang melakukan kunjungan ke Djibouti dan tidak dapat datang ke Yasukuni. PM Abe juga tidak hadir pada saat itu

Warisan dari perang masih terus menghantui hubungan Jepang dengan Tiongkok dan Korsel. Selama pendudukan Jepang, kedua negara itu sama seperti Indonesia, mengalami penjajahan brutal.

Di masa kepemimpinan PM Abe, Jepang menyatakan penyesalan terdalam atas kerusakan dan penderitaan parah yang dilakukan Negeri Sakura selama Perang Dunia II. 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA