Modi Jadi PM Pertama India yang Kunjungi Tepi Barat

Willy Haryono    •    Sabtu, 10 Feb 2018 18:14 WIB
palestinaindiapolitik india
Modi Jadi PM Pertama India yang Kunjungi Tepi Barat
PM India Narendra Modi (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Tepi Barat, 10 Februari 2018. (Foto: AFP/PIB)

Ramallah: Narendra Modi menjadi perdana menteri pertama dari India yang mengunjungi Tepi Barat, Sabtu 10 Februari 2018. Ia datang untuk berdiskusi dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam rangkaian tur Timur Tengah. 

Kunjungan ini, dilakukan beberapa pekan usai Modi menjamu PM Israel Benjamin Netanyahu, dilihat sebagai upaya India menyeimbangkan penguatan hubungan dengan Israel dan juga Palestina.

Modi dan delegasinya terbang dengan menggunakan helikopter dari Yordan. Menurut laporan reporter AFP, rombongan mendarat di dekat markas Abbas di Ramallah.

PM India dan Presiden Palestina mendiskusikan beragam isu, mulai dari teknologi informasi, kesehatan serta pariwisata. Dari Tepi Barat, Modi akan kembali terbang ke Yordania.

New Delhi sejak lama mendukung perjuangan Palestina untuk mendirikan negara berdaulat. PM Modi telah menyuarakan dukungannya bagi Palestina untuk hidup berdampingan secara damai dengan Israel.

Ia menjadi pemimpin pertama dari India yang mengunjungi Israel pada Juli tahun lalu. Kedua negara menandatangani perjanjian dalam keamanan siber dan energi. 

Penolakan India mendukung langkah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel telah membuat Tel Aviv kecewa. Namun kedua negara sepakat untuk tetap menjalin hubungan bilateral.

Dari Yordania, Modi akan berkunjung ke Oman dan juga Uni Emirat Arab. 

Teluk Arab adalah kawasan krusial bagi India. Lebih dari separuh minyak yang dibutuhkan India berasal dari kawasan tersebut, dan sekitar sembilan juta warganya tinggal di sana.


(WIL)