Helikopter Militer India Jatuh, 7 Tentara Tewas

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 06 Oct 2017 17:22 WIB
india
Helikopter Militer India Jatuh, 7 Tentara Tewas
Tentara India (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, New Delhi: Helikopter militer India jatuh di daerah yang disengketakan di dekat perbatasan dengan Tiongkok. Akibatnya, tujuh tentara tewas. Insiden terjadi Jumat 6 Oktober 2017 siang.

Helikopter Mi-17 V5 buatan Rusia itu tengah dalam misi pemeliharaan di distrik pegunungan Tawang dekat perbatasan Tibet saat terjatuh. Lima awak Angkatan Udara India (IAF) dan dua personel tentara lainnya tewas dalam kecelakaan tersebut.

"Sebuah penyelidikan telah diperintahkan untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan tersebut," tutur salah seorang juru bicara kemiliteran, seperti dikutip dari AFP.

Tawang merupakan daerah yang berada di negara bagian Arunachal Pradesh, India timur laut. Wilayah itu juga diklaim Tiongkok. Tawang merupakan distrik perbatasan yang strategis dan penting.

Selama ini, wilayah tersebut dikendalikan oleh Tiongkok selama perang kedua negara sejak 1962.

Sementara itu, Mi-17 V5 merupakan helikopter buatan Kazan, anak perusahaan helikopter Rusia yang digunakan untuk transportasi militer India. Namun, kurangnya perawatan diduga menjadi penyebab banyak kendaraan angkatan udara New Delhi sering kecelakaan.

Selama tiga dekade terakhir, lebih dari 170 pilot kehilangan nyawa karena kecelakaan akibat kurang terawatnya kendaraan mereka.

India, merupakan importir senjata terbesar di dunia. Mereka sudah pernah mencoba mengubah pesawat militernya yang usang untuk diperbaiki, namun gagal. Negara ini juga pernah mencoba mengembangkan pesawat tempur sendiri, namun penundaan dan kekurangan teknis menjadi penghambat kemajuan teknologi militer mereka tersebut.




(WAH)