Palang Merah Tiongkok Sumbang Rp1,4 Miliar untuk Lombok

Sonya Michaella    •    Rabu, 08 Aug 2018 16:14 WIB
Gempa Lombok
Palang Merah Tiongkok Sumbang Rp1,4 Miliar untuk Lombok
Penyerahan bantuan dana dari Palang Merah Tiongkok ke PMI di Markas Pusat PMI, Jakarta, 8 Agustus 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Palang Merah Tiongkok menggelontorkan dana USD100 ribu atau setara Rp1,4 miliar untuk membantu korban gempa Lombok. Sumbangan ini diserahkan langsung dari Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian ke Palang Merah Indonesia (PMI).

"Selain dana langsung, Kedutaan Besar Tiongkok juga menyumbangkan 2.000 kain terpal, 2.000 matras dan 5.000 selimut. Kami harap barang-barang ini secepatnya didistribusikan kepada korban bencana di Lombok,” kata Dubes Xiao di Markas Pusat PMI, Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018.

Dubes Xiao juga menyampaikan pesan duka cita mendalam dari Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. Rasa belangsungkawa dilayangkan dua pemimpin itu ke Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

"Kami percaya bahwa rakyat Indonesia mampu bangkit kembali dari bencana alam yang baru saja menimpa, dan bisa membangun Lombok kembali," ujar dia.

Baca: ASEAN Siap Bantu Korban Gempa Lombok

Ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas respons cepat tanggap mengevakuasi sekitar 40 turis Tiongkok yang terjebak di Lombok.

"Dengan upaya bersama dua negara, 40 warga kami di Lombok selamat dan dievakuasi ke tempat aman. Saya ucapkan terima kasih kepada Indonesia," tukas Dubes Xiao.

Selain itu, Dubes Xiao juga mengatakan Tiongkok bersedia terus menyediakan bantuan sesuai kemampuan atas permintaan Indonesia dalam merekonstruksi daerah bencana. 

Tiongkok juga percaya bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan upaya seluruh kalangan masyarakat Indonesia, Lombok akan kembali indah seperti semula.

Gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok pada 5 Agustus lalu menewaskan 109 orang dan melukai ratusan lainnya.


(WIL)