Pasar Ikan Legendaris di Tokyo akan Ditutup

Fajar Nugraha    •    Jumat, 14 Sep 2018 14:13 WIB
jepangtokyo ska paradise
Pasar Ikan Legendaris di Tokyo akan Ditutup
Aktivitas di Pasar Ikan Tsukiji akan menjadi kenangan. (Foto: AFP).

Tokyo: Pasar ikan Tsukiji, di Tokyo, Jepang selama ini turut menarik perhatian wisatawan. Namun era keemasan pasar ini akan segera tergantikan.
 
Wali Kota Tokyo Yuriko Koike, pada Kamis 13 September meresmikan pasar ikan baru menggantikan pasar ikan legendaris tersebut. Menurut Koike pasar yang baru akan lebih aman bila dibandingkan dengan pasar yang lama.
 
"Pasar Toyosu sangat aman. Saya ingin mengatakan hal itu kepada seluruh penjual, pembeli dan konsumen," ujar Wali Kota Koike, seperti dikutip AFP, Jumat 14 September 2018.
 
Koike menjelaskan, kompleks pasar baru ini terletak di bekas tempat pabrik gas. Letaknya pun berada di sebelah timur Tsukiji.
 
"Tentunya pasar baru ini akan lebih canggih dan  disertai kontrol kebersihan yang sangat maju," papar Koike.
 
Adapun pengoperasian pasar ikan Toyosu akan dimulai  pada 11 Oktober.
 
Pasar Tsukiji, yang sudah berusia 83 tahun dan akan ditutup resmi bulan depan. Lokasi pasar ini banyak dikecam karena gedungnya yang ketinggalan zaman dan standar keamanan yang kurang baik.
 
Rencana untuk memindahkan pasar itu sudah ada sejak lama dan relokasi awalnya direncanakan pada 2016. Namun, rencana relokasi tersebut menghadapi banyak hambatan.
 
Tsukiji adalah pasar ikan terbesar di dunia dan salah satu tempat kunjungan wisata yang terkenal. Pasar yang dibuka pada 1935 itu terkenal dengan lelang tuna yang digelar pada saat dini hari.


(FJR)