Taiwan Bersiap Hadapi Topan Meranti

Willy Haryono    •    Selasa, 13 Sep 2016 13:09 WIB
topan badai
Taiwan Bersiap Hadapi Topan Meranti
Kapal-kapal bersandar di pelabuhan Tungkang, Taiwan, menjelang kedatangan Topan Meranti pada 13 September 2016. (Foto: AFP/SAM YEH)

Metrotvnews.com, Taipei: Taiwan bersiap menghadapi kedatangan Topan Meranti pada Selasa (13/9/2016) dengan mengevakuasi hampir 1.800 turis dari beberapa titik dan menutup sejumlah sekolah serta perkantoran. 

Menurut Biro Cuaca Pusat Taiwan (WBC), Meranti diperkirakan melanda selatan negara dengan membawa hujan deras dan angin kencang pada malam nanti. 

"Topan Meranti masih berputar dengan cepat dan kuat, dan dampak terburuknya akan terjadi pada Rabu dan Kamis pagi," kata Hung Jen-sheng dari WBC, seperti dikutip AFP

Angin super kencang itu akan mengganggu arus lalu lintas dan perayaan Festival Musim Gugur di Taiwan yang dimulai pada Kamis mendatang. Festival tersebut adalah perayaan yang dinantikan warga Taiwan, Hong Kong dan Tiongkok. 

Otoritas Taiwan telah mengevakuasi hampir 1.800 turis dari lokasi wisata Green Island dan Orchid Island. Perjalanan kapal feri ke dua destinasi wisata itu juga dihentikan sementara untuk dua hari ke depan. 

Perkantoran dan sekolah di Orchid Island ditutup pada Selasa siang, dan Kementerian Pertahanan Taiwan memerintahkan sekitar 33 ribu prajurit untuk tetap bersiaga di sana. 

Tiga orang tewas dan ratusan lainnya terluka saat Topan Super Nepartak melanda Taiwan pada Juli lalu, yang datang dengan membawa angin terkuat sejak satu abad terakhir. 

Nepartak adalah topan terbesar di Taiwan pada 2016.  Setahun sebelumnya, badai Dujuan menewaskan tiga orang dan menyebabkan 300 lainnya luka-luka.

Pada 2009, topan Morakot menewaskan lebih dari 600 orang dan sebagian dari mereka terkubur di tanah longsor.


(WIL)