Menlu RI-Filipina Bahas Penyanderaan dalam Pertemuan Singkat

Fajar Nugraha    •    Rabu, 07 Sep 2016 17:58 WIB
indonesia-filipina
Menlu RI-Filipina Bahas Penyanderaan dalam Pertemuan Singkat
Menlu Retno Marsudi dan Menlu Filipina Perfecto Yasay (Foto: Dok.Kemenlu RI)

Metrotvnews.com, Vientiane: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan singkat dengan Menlu Filipina Perfecto Yasay di sela-sela pertemuan KTT ASEAN di Laos.
 
Berbagai hal dibicarakan oleh Menlu Retno Marsudi dan Menlu Yasay di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Laos. Beberapa permasalahan mewarnai hubungan kedua negara saat ini.
 
"Pertemuan singkat di sela-sela pertemuan ASEAN membahas isu sisa sembilan sandera yang masih di Filipina selatan," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, dalam keterangannya, Rabu (7/9/2016).
 
"Selain itu pertemuan juga membahas penyelesaian masalah WNI calon jemaah haji dan rencana kunjungan Presiden (Filipina Rodrigo) Duterte (ke Jakarta)," lanjutnya.


Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Foto: Kemenlu RI)
 
 
Sebelumnya 177 WNI ditahan di Filipina karena melaksanakan ibadah haji dengan paspor Filipina. 168 dari WNI itu sudah dipulangkan pada Minggu 4 September lalu.
 
 
Sementara isu sembilan WNI saat ini masih disandera oleh kelompok bersenjata di Filipina selatan. Dua WNI sebelumnya berhasil meloloskan diri dari sandera.
 
Kedua sandera eks sandera kelompok Abu Sayyaf itu bernama Ismail dan Muhamad Sofyan telah diserahkan kepada keluarganya masing-masing. (Baca: Dua Eks Sandera Pulang, Penyerahan Dilakukan Tertutup http://internasional.metrotvnews.com/asia/1bVXxjXK-dua-eks-sandera-pulang-penyerahan-dilakukan-tertutup).
 
Mereka berdua tiba di Jakarta pada Jumat 26 Agustus, tengah malam. Penyerahan kepada keluarga dilakukan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi pada keesokan harinya, Sabtu 27 Agustus pukul 12.00 siang.
 
Menurut Arrmanatha Nasir pada 28 Agustus, serah terima memang tidak dilakukan secara terbuka untuk menjaga perasaan keluarga dari lima ABK lainnya yang belum bebas.

(FJR)

Indonesia dan Liga Arab Sepakati Kerja Sama Konkret

Indonesia dan Liga Arab Sepakati Kerja Sama Konkret

8 minutes Ago

Bidang kerja sama yang tercakup di dalam MoC tersebut antara lain perdamaian dan keamanan, ekonomi,…

BERITA LAINNYA