ASEAN Diharapkan Semakin Menonjol di Dunia Internasional

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 05 Jan 2018 13:37 WIB
asean
ASEAN Diharapkan Semakin Menonjol di Dunia Internasional
Menlu Retno L.P Marsudi hadiri penyerahan jabatan Sekjen baru ASEAN (Foto: Kemenlu RI).

Jakarta: Sekretaris Jenderal ASEAN yang baru, Lim Jock Hoi sudah dilantik. Pria asal Brunei Darussalam tersebut dipilih sepuluh negara anggota untuk menjadi sekjen yang baru menggantikan pendahulunya, Le Luong Minh.
 
 
Di tangan Lim, ASEAN diharapkan bisa semakin menonjol di dunia internasional ke depannya. Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menuturkan Lim sudah bertemu dengan dirinya pagi tadi di Kementerian Luar Negeri Indonesia.
 
"Tadi pagi saya sudah bicara khusus dengan beliau (Lim) di Kemenlu untuk membahas mengenai kerja ASEAN ke depannya," ujar Menlu Retno saat ditemui dalam acara peletakan batu pertama gedung Sekretariat ASEAN yang baru, di Jakarta, Jumat 5 Januari 2018.
 
Menlu Retno mengatakan bahwa ASEAN 50 tahun ke belakang sudah banyak berkontribusi untuk perdamaian, stabilitas dan keamanan di Asia Tenggara. 
 
"Untuk ke depannya, ASEAN di dunia internasional, harus lebih menonjol, tanpa mengesampingkan apa yang sudah dilakukan di kawasan," imbuhnya.
 
Bagi Menlu Retno, terpenting adalah yang dilakukan ASEAN bermanfaat bagi masyarakat di kawasan secara keseluruhan. Dia menambahkan, peran sekjen sangat penting untuk pencapaian ASEAN Vision 2025.
 
"Pencapaian ASEAN Vision 2025 sedang dalam proses. Karena itu, peran sekjen sekarang untuk membawa ASEAN maju ke depan sangat penting artinya," ucap dia.
 
Sekjen ASEAN yang baru, Dato Paduka Lim Jock Hoi, merupakan pejabat Brunei Darussalam. Dia menggantikan Le Luong Minh, asal Vietnam, yang menyelesaikan masa jabatannya pada 31 Desember 2017.



(FJR)