AS Minta Maaf ke Jepang atas Serangkaian Insiden Militer

Willy Haryono    •    Selasa, 09 Jan 2018 11:06 WIB
as-jepangpemerintahan as
AS Minta Maaf ke Jepang atas Serangkaian Insiden Militer
Helikopter militer AS mendarat di sebuah lapangan di desa Yomitani, Okinawa, Jepang, 8 Januari 2018. (Foto: AFP/JIJI PRESS)

Tokyo: Amerika Serikat (AS) meminta maaf ke Jepang atas serangkaian insiden melibatkan perangkat militer yang memicu kemarahan warga lokal atas operasional pasukan asing di Negeri Sakura. 

Menteri Pertahanan AS James Mattis meminta maaf ke Menhan Jepang Itsunori Onodera atas serangkaian insiden, termasuk pendaratan darurat helikopter militer Amerika di Okinawa pada Senin kemarin.

Insiden itu terjadi dua hari setelah peristiwa serupa terjadi di Okinawa di selatan Jepang, di mana hampir separuh dari total 47 ribu personel AS disiagakan. 

"Menteri mengatakan ada permintaan maaf dari Menhan Mattis," kata juru bicara Kemenhan Jepang kepada AFP, Selasa 9 Januari 2018. 

"Saya menyampaikan kepadanya mengenai isu ini, menyebutkan sejumlah contoh konkret mengenai serangkaian insiden yang terjadi pada September, Oktober, November, dan Desember tahun lalu serta Januari tahun ini di Okinawa," tutur Onodera kepada awak media usai bertemu Mattis. 

Onodera menambahkan dirinya berharap dapat segera bertolak ke Hawaii hari ini untuk bertemu Komandan AS untuk wilayah Pasifik, Harry Harris. Ia juga ingin membicarakan serangkaian insiden ini dengan Harris. 

Tidak ada laporan korban luka maupun kerusakan dalam insiden pendaratan darurat helikopter di dekat sebuah hotel di desa Yomita, Okinawa, Senin kemarin. 

Namun Gubernur Okinawa Takeshi Onaga mengungkapkan rasa frustrasinya atas banyaknya insiden yang melibatkan militer AS. "Saya sudah tidak dapat berkata apa-apa lagi," ungkap dia. 

"Saya ingin mereka (militer AS) merasa malu atas ketidakmampuan mereka mengontrol aktivitas yang mereka lakukan," ujar seorang politikus Okinawa, seperti dilaporkan Jiji Press.

Bulan lalu, kaca dari helikopter militer AS jatuh ke lapangan olahraga sebuah sekolah di dekat pangkalan udara Futenma di Okinawa. Tidak ada orang yang terluka. 

Pada Oktober, helikopter militer AS terbakar usai mendarat di lapangan kosong di Okinawa.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA