Mahkamah India akan Kaji Ulang Aturan Gay

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 08 Jan 2018 18:12 WIB
indiakontroversi lgbt
Mahkamah India akan Kaji Ulang Aturan Gay
India kaji ulang larangan gay. (Foto: AFP/Sajjad Hussein).

New Delhi: Mahkamah Agung India mengumumkan ulasan mengenai larangan seks gay yang kontroversial. Menurut MA India, tidak ada seorang pun yang harus hidup dalam ketakutan karena seksualitas mereka berbeda dari kebanyakan.
 
"Sebagian orang, yang menggunakan hak mereka untuk memilih, seharusnya jangan pernah hidup dalam ketakutan," kata pengadilan dalam keputusan mereka, seperti dilansir dari laman AFP, Senin 8 Januari 2018.
 
Pengumuman tersebut merupakan kelanjutan dari pergumulan hukum yang berlangsung lama antara kubu konservatif sosial dan agama dengan komunitas gay di India mengenai undang-undang yang disahkan Inggris pada 1860-an.
 
Bab 377 dalam kitab undang-undang hukum pidana India mendeskripsikan homoseksual sebagai hubungan melawan tatanan alam. Pelaku pelanggaran ini mendapat hukuman penjara seumur hidup.
 
Pada 2009, larangan terhadap gay dihapus di India. Pengadilan Tinggi Delhi memutuskan melarangnya merupakan pelanggaran terhadap hak fundamental seseorang.
 
Keputusan itu membuat komunitas gay di India bersemangat untuk berkampanye menentang diskriminasi dan kekerasan yang semakin meluas.
 
Namun MA India kembali memberlakukan larangan tersebut empat tahun kemudian, tepatnya pada 2013. Pada 2017, larangan itu kembali dimentahkan lewat pengadilan. Secara eksplisit merujuk pada masalah tersebut dalam sebuah keputusan penting mengenai hak privasi.



(WIL)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

21 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA