RI Minta Timor Leste Beri Perhatian pada Investasi Pertamina

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 31 Jan 2018 13:51 WIB
indonesia-timor leste
RI Minta Timor Leste Beri Perhatian pada Investasi Pertamina
Konferensi bersama Menlu Retno Marsudi dan Menlu Timor Leste Aurelio Guterres (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Indonesia merupakan mitra dagang terbesar sekaligus sahabat terdekat Timor Leste. Tak hanya di bidang perdagangan dan infrastruktur, Indonesia juga melakukan kerja sama dengan Timor Leste di bidang energi.
 
 
"Untuk energi, Pertamina sudah berinvestasi di sana," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu 31 Januari 2018.
 
"Saya meminta agar pemerintah Timor Leste juga memberikan perhatian pada operasi Pertamina, terutama yang ada di Dili," lanjut dia. 
 
Investasi Pertamina di Dili dilakukan sejak 2015, dengan mendirikan Pertamina International Timor S.A (PITSA). Pembangunan PITSA ini atas usul Presiden Joko Widodo.
 
"Indonesia selalu menjadi bagian mitra pembangunan di Timor Leste. Indonesia memiliki komitmen tinggi bahwa hal-hal yang telah dilakukan selama ini akan memberikan manfaat termasuk dalam mendorong dan mentransfer knowledge bagi Timor Leste," demikian dikutip dari situs kemlu.go.id pada 2016 silam.
 
 
Diharapkan, PITSA dapat terus menjadi bagian dari mitra pembangunan di Timor Leste. Tak hanya itu, PITSA melanjutkan peran tersebut dalam meningkatkan peran-peran dan tanggungjawab sosial dalam masyarakat. 
 
Dengan kehadiran PITSA juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian di Timor Leste.



(FJR)