Hadir di Protes Bersih Mahathir Sebut Pemerintah Harus Diubah

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 19 Nov 2016 16:47 WIB
protes bersih
Hadir di Protes Bersih Mahathir Sebut Pemerintah Harus Diubah
Mantan PM Mahathir Mohamad pidato di hadapan unjuk rasa Bersih 5 (Foto: New Straits Times).

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad mendesak perubahan pemerintahan saat ini. Hal tersebut diutarakannya saat hadir dalam protes Bersih 5.
 
"Sekarang waktunya pemerintah untuk berubah. Siapapun yang belum bergabung dengan sebuah partai oposisi, sekarang waktunya bergabung," tutur Mahathir, kepada massa Bersih 5, seperti dikutip New Straits Times, Sabtu (19/11/2016).
 
"Meskipun harus menunggu untuk pemilu, oposisi bisa mencari jalan untuk memperpendek kekuasaan PM Najib Razak," tegasnya,


Mahathir Mohamad turut serta dalam protes Bersih 5 (Foto: The Star).

 
Mahathir pun mengajak warga yang mengikuti protes Bersih 5 untuk bergabung dengan partainya, Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM). Mahathir membentuk partai tersebut sebagai bentuk perlawanan terhadap Najib.
 
Menghadiri unjuk rasa ini, Mahathir menyebutkan bahwa protes ini merupakan terbesar yang pernah dia lihat dalam 70 tahun keterlibatannya di politik Malaysia. Mahathir juga menuduh pendukung 'Kaus Merah',-yang mendukung Pemerintah Malaysia- mencoba untuk menciptakan kekacauan selama protes Bersih 5 berlangsung.
 
Mahathir pertanyakan blokade polisi
 
Mahathir pada awalnya muncul di Dataran Maybank di Bangsar sekitar pukul 2.20 siang wakatu Malaysia. Tetapi yang dilihatnya saat ini jalanan yang kosong, karena pada pengunjuk rasa sudah bubar.
 
 
Para pedemo meninggalkan area tersebut dan mencoba masuk ke Dataran Merdeka melalui berbagai rute. Mahathir pun menanggapi blokade yang dilakukan oleh polisi agar mencegah pedemo masuk ke wilayah gedung parlemen di Dataran Merdeka.
 
Menurut Mahathir polisi hanya melakukan pekerjaan mereka, tetapi pedemo datang dengan damai. Seharusnya tidak ada blokade dalam protes ini.
 
Mahathir pun bergerak ke KLCC, di mana pedemo mengalihkan arah mereka untuk melanjutkan aksi protes.

 
 
(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA