Lima Orang Tewas Tersambar Petir di India Timur

Willy Haryono    •    Senin, 02 Jul 2018 14:03 WIB
tersambar petirindia
Lima Orang Tewas Tersambar Petir di India Timur
Ilustrasi sambaran petir. (Foto: Medcom.id)

New Delhi: Sedikitnya lima orang tewas dan 12 lainnya terluka akibat sambaran petir di distrik Aurangabad, negara bagian Bihar, India timur.

"Sekitar 20 orang berkumpul di situs krematorium dalam prosesi pemakaman di Aurangabad pada Minggu. Petir menyambar mereka semua," ujar seorang pejabat badan penanggulangan bencana di Bihar, seperti dilansir dari Xinhua, Senin 2 Juli 2018.

Lima orang meninggal dunia di lokasi kejadian. Sementara belasan orang lainnya langsung dilarikan ke sebuah rumah sakit terdekat.

Sambaran petir merupakan hal biasa di musim penghujan di India, yang biasa berlangsung antara Juni dan Juli.

Mei lalu, badai pasir diserta hujan petir menewaskan sedikitnya 70 orang. Total korban tewas dari fenomena alam serupa sepanjang Mei di India mencapai lebih dari 200. 

Pada 1 Mei, lebih dari 40 ribu sambaran petir juga dilaporkan terjadi di India selatan. Sambaran menewaskan 14 orang dalam hitungan jam.

Masih di Bihar, sambaran petir memicu kejadian tak biasa di sebuah pernikahan. Pengantin wanita memutuskan membatalkan pernikahan karena calon suaminya bertingkah aneh usai mendengar suara petir.

Pembatalan kemudian memicu perkelahian antar kubu pengantin wanita dan pria.


(WIL)