Mahathir Minta PNS Terus Patuhi Hukum Negara

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 21 May 2018 12:33 WIB
malaysia
Mahathir Minta PNS Terus Patuhi Hukum Negara
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP).

Kuala Lumpur: Memasuki pekan kedua kepemimpinannya sebagai Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad meminta pegawai untuk tunduk kepada hukum negara dan tidak terpecah belah.

"Saya berharap saya dapat bekerja sama dengan Anda semua. Yang akan saya lakukan sebagai perdana menteri tidak akan bertentangan dengan prinsip atau hukum negara," ujar Mahathir, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin 21 Mei 2018.

Mahathir mengatakan kepada para PNS untuk tidak melakukan penyelewengan. Dia juga meminta agar para PNS menjadi 'mata' dan memastikan pejabat lainnya tidak melakukan penyelewengan.

"Kami melihat dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah seperti tidak berdaya terhadap penyelewengan. Karenanya, kita harus bekerjaa bersama untuk mengungkap dan mencegah penyelewengan tersebut. Ya mungkin dulu mereka semua diam karena takut dan disuap," tukas Mahathir.

Mahathir tidak merujuk kepada siapapun, namun saat ini pemerintahannya tengah menyelidiki mantan perdana menteri Najib Razak dari tuduhan penyelewengan dana 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Investigasi terkait dana tersebut dibuka setidaknya di enam negara, namun Najib dibebaskan dari kesalahannya pada 2016 oleh Jaksa Agung Malaysia. Begitu Mahathir naik jadi pemimpin Negeri Jiran, Jaksa Agung tersebut diturunkan jabatannya.

Dalam pertemuan tersebut, Mahathir juga menyampaikan tugas pemerintah baru adalah untuk menghidupkan kembali negara dan membuat Malaysia dihormati lagi di seluruh dunia. Dia menambahkan memang penuh tantangan, namun harus diselesaikan bersama-sama tanpa melanggar aturan dan prinsip negara.


(FJR)