18 WNI Kabur dari ISIS Kembali ke Indonesia

Sonya Michaella    •    Senin, 14 Aug 2017 08:12 WIB
isis
18 WNI Kabur dari ISIS Kembali ke Indonesia
Simbol bendera ISIS. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: 18 Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS, kini telah berada di Indonesia. Mereka dilaporkan tiba pada Sabtu 12 Agustus kemarin menggunakan pesawat Qatar Airways.

Seorang sumber dari pemerintahan yang tak ingin disebutkan namanya, berbicara kepada Metrotvnews.com, membenarkan hal itu. Namun, ia menolak memberikan informasi lebih lanjut dengan alasan privasi yang bersangkutan.

Sekitar pukul 15.40 WIB dilakukan penjemputan 18 WNI eks ISIS ini oleh Densus 88 dan Polri, melalui Apron Gate D3 Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Adapun nama-nama dari 18 WNI ini adalah Lasmiati, Muhammad Saad Al Hafs, Mutsanna Khalid Ali, Difansa Rachmani, Muhammad Habibi Abdullah, Muhammad Ammar Abdurrahman, Dwi Djoko Wiwoho, Fauzakatri Djohar Mastedja. 

Lalu masih ada yang bernama Febri Ramdhani, Sita Komala, Intan Permanasari Putri, Sultan Zuffar Kurniaputra, Ratna Nirmala, Nurshadrina Khaira Dhania, Heru Kurnia, Tarisha Aqqila Qanita, Mohammad Raihan Rafisanjani, dan Syarafina Nailah.

Setelah dilakukan penjemputan, 18 WNI ini langsung dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua dengan 3 mobil Elf Microbus warna Silver dengan dikawal polisi.

Mereka juga akan dibawa ke Badan Nasional Penanggulangan Terorisme di Sentul, Bogor. 

Menurut kabar yang beredar, penjemputan dan pengawalan berlangsung dengan aman dan tertib.

18 WNI ini melarikan diri dari ISIS di Raqqa, Suriah, ke Irbil, Irak. Sebelum dievakuasi ke Irak, mereka yang terdiri dari perempuan, anak-anak serta laki-laki dewasa kabur keluar Raqqa dan diamankan salah satu faksi Kurdi di Suriah.


(WIL)