Korban Gempa Tiongkok Bertambah, Kerugian Material Capai Rp1,3 T

Willy Haryono    •    Kamis, 10 Aug 2017 10:51 WIB
gempa bumigempa tiongkok
Korban Gempa Tiongkok Bertambah, Kerugian Material Capai Rp1,3 T
Personel paramiliter Tiongkok menyelamatkan korban gempa bumi di provinsi Sichuan, Tiongkok, Rabu 9 Agustus 2017. (Foto: STR/EPA)

Metrotvnews.com, Beijing: Korban tewas gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) di area pegunungan Jiuzhaigou, provinsi Sichuan, Kamis 10 Agustus 2017, bertambah menjadi 19 orang. 

Otoritas setempat menyebut puluhan orang terluka akibat gempa, dan masih banyak lainnya yang dinyatakan hilang. 

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut pusat gempa berlokasi sekitar 177 kilometer dari kota Jiangyou, dengan kedalaman 8,8 km. USGS mengestimasi kerugian material akibat gempa berkisar USD10 juta hingga USD100 juta atau setara Rp1,3 triliun.

Kantor berita Xinhua melaporkan gempa di Sichuan berkekuatan 7,0 SR. Getaran gempa terasa hingga ke permukiman warga yang berjarak 482 km dari pusat gempa.

"Kerugian ekonomi diperkirakan kurang dari 1 persen GDP Tiongkok. Beberapa kejadian sebelumnya dengan level ancaman seperti ini membutuhkan respons lokal atau regional," sebut USGS, seperti dikutip UPI.

Rabu kemarin, Xinhua melaporkan usaha penyelamatan sedang berlangsung di area pegunungan, yang tingkat populasinya sekitar 40 orang per satu mil persegi. Sejumlah seismolog memprediksi akan terjadinya gempa susulan dalam beberapa hari ke depan. 

Jumlah korban tewas kemungkinan bertambah karena tim penolong masih belum dapat mencapai area-area terpencil di Sichuan. Upaya penyelamatan terhambat putusnya beberapa ruas jalan dan jaringan komunikasi. 

Jiuzhaigou adalah destinasi wisata populer yang merupakan tempat berdirinya Jiuzhaigou Nature Reserve -- beberapa bagiannya rusak akibat gempa pada Selasa kemarin. Otoritas setempat telah mengevakuasi sekitar 38 ribu turis dari area tersebut. 

Tiongkok berlokasi dekat "Cincin Api" atau "Ring of Fire," sebuah kawasan yang rentan dilanda aktivitas tektonik.

 


(WIL)