Dua WNI Bebas dari Abu Sayyaf Akan Dipulangkan ke Indonesia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 08 Sep 2017 14:12 WIB
wni disandera abu sayyaf
Dua WNI Bebas dari Abu Sayyaf Akan Dipulangkan ke Indonesia
Saparuddin bin Koni dan Sawal bin Maryam bebas dari penyanderaan Abu Sayyaf (Foto: Metro TV/KJRI Davao).

Metrotvnews.com, Manila: Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Davao, Filipina saat ini sudah menemui dua warga negara Indonesia (WNI) yang bebas dari penyanderaan Abu Sayyaf.
 
 
WNI bernama Saparuddin bin Koni dan Sawal bin Maryam itu bebas dari penyekapan Abu Sayyaf pada Kamis 7 September 2017. Kondisi keduanya dilaporkan sehat.
 
"Keduanya sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak AFP atau angkatan bersenjata Filipina. Keduanya berada dalam kondisi sehat," ujar Atase Pertahanan KBRI Manila Kolonel Laut Asep Saefudin, dalam sambungan telepon bersama Metro TV, Jumat 8 September 2017.
 
"Kedua WNI tersebut berada di Zamboanga. Mereka berada di kamp militer (WestMinCom) AFP untuk melakukan registrasi lagi dan menunggu pemulangan ke Indonesia melalui Davao. Yang akan memberangkatkan pulang adalah staf KJRI Davao," imbuh Asep.
 
Mengenai proses pemulangan menurut Asep akan diurus oleh pihak KJRI Davao. Sebelum dipulangkan, WNI yang bekerja sebagai ABK kapal ikan Malaysia ini akan menjalani proses pemenuhan dokumen keimigrasian.
 
Meski kondisi psikis dinyatakan baik, muncul pertanyaan apakah psikologis keduanya tidak terganggu mengingat sudah disandera sejak 19 November 2016 lalu.
 
"Walaupun masih trauma mereka merasa lega karena sudah bertemu dengan kita orang Indonesia. Yang pasti bahwa mereka lega sudah bebas dari cengkraman Abu Sayyaf," tutur Kolonel Asep.
 
 
Kedua WNI ini diketahui sebagai ABK kapal ikan Malaysia TW 1738/6/F. Mereka diculik kelompok Abu Sayyaf pada 19 November 2016, di wilayah perairan Merabung, Lahad Datu, Sabah, Malaysia.
 
Penyanderaan dua WNI ini berakhir, setelah mereka muncul di pos militer Jolo usai pasukan Filipina terlibat pertempuran dengan para penculiknya.

 

 
(FJR)