Hujan Deras di Tiongkok Sebabkan Dua Korban Jiwa

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 14 Jul 2017 07:18 WIB
bencana alam
Hujan Deras di Tiongkok Sebabkan Dua Korban Jiwa
Anak-anak berpose untuk foto di dekat Lapangan Tiananmen saat badai hujan di Beijing, Kamis, 6 Juli 2017. AP/ Mark Schiefelbein (STF).

Metrotvnews.com, Beijing: Hujan deras yang menyebabkan luapan sungai hingga membanjiri rumah-rumah penduduk di daerah otonom Guangxi Zhuang, Tiongkok, memakan dua korban jiwa.

Seorang korban terseret arus sungai, sedangkan seorang lagi tewas akibat tertimbun reruntuhan bangunan rumahnya di wilayah selatan Tiongkok yang berbatasan langsung dengan Vietnam itu.

Lebih dari 3.300 jiwa dipindahkan, demikian pernyataan Dinas Sosial Kemasyarakatan pemerintah daerah setempat sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat, 14 Juli 2017.

Bencana banjir tersebut menyebabkan 120 ribu jiwa penduduk terkena dampaknya dan mengakibatkan kerugian secara langsung hingga mencapai RMB89,8 juta (Rp175,1 miliar).

Sementara itu, di Provinsi Sichuan hujan badai telah mengakibatkan bandar udara utama di Chengdu ditutup selama satu jam. 

Lebih dari 50 jadwal penerbangan dari bandara di ibu kota Provinsi Sichuan tersebut dibatalkan dan ditunda, sedangkan 40 penerbangan lainnya dipindahkan pendaratannya ke bandara lain. Pihak otoritas Bandara Chengdu menyebutkan bahwa sekitar 9.000 penumpang pesawat telantar.

Akhir bulan lalu bencana tanah longsor melanda Provinsi Sichuan yang menyebabkan 15 warga ditemukan tewas, sedangkan 120 lainnya hilang. Tidak banyak warga yang bisa menyelamatkan diri pada saat bencana menerjang desa wisata itu pada 24 Juni 2017 pukul 06.00 waktu setempat.


(DEN)