Indonesia-Fiji Sepakat Perkuat Kerja Sama Pertukaran Intelijen Militer

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 29 Sep 2017 11:48 WIB
indonesia-fiji
Indonesia-Fiji Sepakat Perkuat Kerja Sama Pertukaran Intelijen Militer
Menhan RI Ryamizard Ryacudu dan MenhanFiji Ratu Inoke Kubuabola menandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang pertahanan (Foto: Marcheilla Ariesta/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai salah satu negara di Pasifik, Fiji memiliki hubungan cukup dekat dengan Indonesia. Untuk semakin mempererat hubungan kedua negara, Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Fiji Ratu Inoke Kubuabola menandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang pertahanan.
 
Ryamizard menuturkan nota kesepahaman ini melingkupi empat kerja sama yang akan dilakukan kementerian pertahanan kedua negara.
 
"Adapun lingkup kerja sama yang tertuang dalam dokumen ini, yaitu pertukaran kunjungan antar badan pertahanan dan angkatan bersenjata, dialog dan konsultasi bilateral secara berkala mengenai isu-isu pertahanan dan militer strategis yang menjadi perhatian bersama," ujar Ryamizard saat ditemui di Gedung Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat 29 September 2017.
 
"Peningkatan kapasitas di bidang keamanan dan militer antara lain melalui seminar dan program pelatihan, dan yang terakhir, pertukaran intelijen militer yang meliputi peningkatan kerja sama di dalam bidang industri pertahanan," imbuh dia.
 
Kerja sama di dalam bidang industri pertahanan tersebut meliputi ahli teknologi, penelitian bersama, serta menjamin mutu bersama. Ada bidang lain juga yang disepakati, namun enggan diungkapkan oleh Ryamizard.
 
Menurut Ryamizard, kerja sama di bidang pertahanan ini dilakukan lantaran Fiji dianggap sebagai mitra penting bagi Indonesia di wilayah Pasifik.


Penandatangan antara Menhan RI Ryamizard Ryacudu dengan Menhan Fiji Ratu Inoke Kubuabola (Foto: Marcheilla Ariesta/Metrotvnews.com).
 
Sementara itu, Ratu Inoke menuturkan kerja sama pertahanan dengan Indonesia merupakan hal yang sangat bersejarah bagi negara kepulauan kecil di Pasifik itu. Menurutnya kerja sama ini akan memberikan hal positif bagi perkembangan pertahanan kedua negara.
 
"Berteman dengan Indonesia di bidang pertahanan dan keamanan merupakan sesuatu yang bersejarah bagi Fiji," katanya.
 
Hubungan Indonesia dengan Fiji terbilang cukup dekat dibanding negara lainnya di Pasifik. Bentuk kerja sama yang dilakukan kedua negara tak hanya berpusat pada pertahanan saja, ada pula kerja sama di bidang pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan, pendidikan, seni dan budaya, serta lainnya.
 
Ratu Inoke menuturkan, negara Pasifik sangat penting memiliki kerja sama pertahanan dengan Indonesia, terutama di wilayah perairan. 
 
"Indonesia memiliki pengalaman yang sangat baik dalam menjaga pertahanan maritim dan mereka ingin mencontohnya," pungkas Ratu Inoke.
 
Sebagai negara Pasifik, menurut Ratu Inoke, Fiji selalu mendukung peran Indonesia dalam membantu perkembangan berkelanjutan di negara-negara kecil wilayah Pasifik.

(FJR)