100 Hari Memimpin, Rodrigo Duterte Dicintai Rakyat Filipina

Sonya Michaella    •    Jumat, 07 Oct 2016 09:59 WIB
filipina
100 Hari Memimpin, Rodrigo Duterte Dicintai Rakyat Filipina
Presiden Filippina, Rodrigo Duterte (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Seratus hari sudah Rodrigo Duterte menjabat sebagai Presiden Filipina. Duterte memang mendapat kecaman dari dunia internasional, namun di Filipina, ia begitu dicintai rakyatnya.

Menurut laporan media lokal Filipina, jajak pendapat menunjukkan 76 persen dari total 1.200 responden mengaku puas dengan kinerja Duterte.

Seperti dikutip Asian Correspondent, Jumat (7/10/2016), hanya 11 persen responden yang menyatakan kurang puas dan sisanya tak memutuskan apapun.

Bahkan, mayoritas responden atau sekitar 912 orang mengaku mendukung kebijakan Duterte, termasuk memerangi narkotika yang telah menewaskan lebih dari 3.000 orang, tiga bulan terakhir. 

Duterte memenangkan Pemilu Filipina pada Mei lalu dengan total suara 37,6 persen dan dilantik presiden pada akhir Juni 2016. Duterte yang mantan Wali Kota Davao ini berhasil memenangkan pemilu presiden dengan janji utamanya yakni memberantas kejahatan kriminal dalam waktu enam bulan.

Pria berusia 71 tahun ini berjanji tidak akan segan-segan membunuh ribuan orang yang terlibat dalam pengedaran dan penggunaan narkoba. Bahkan, ia menjanjikan hadiah besar bagi polisi atau warga yang bisa membunuh bandar narkotika.

Pekan lalu, ia menyatakan dirinya sama dengan pemimpin Nazi Adolf Hitler yang memusnahkan orang-orang Yahudi di Eropa. 

Kebijakan Duterte yang dianggap brutal menuai protes dan kritik keras dari Amerika Serikat, PBB, Uni Eropa dan berbagai lembaga HAM.

Duterte juga terkenal kerap mengeluarkan perkataan yang sembarangan. Dia pernah menyebut Barack Obama "anak pelacur" dan mengatakan kepada presiden Amerika Serikat itu untuk "pergi ke neraka."



(AHL)