Trump Mengeluh AS Diperlakukan Tak Adil dalam Perdagangan

Sonya Michaella    •    Jumat, 10 Nov 2017 17:43 WIB
ktt apec
Trump Mengeluh AS Diperlakukan Tak Adil dalam Perdagangan
Presiden AS Donald Trump di KTT APEC. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Da Nang: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut bahwa AS diperlakukan tidak adil oleh 'pemain lain' dalam ekonomi global di pidato pembukaan KTT APEC, Vietnam, hari ini.

"Sederhananya, kami belum diperlakukan secara adil oleh Organisasi Perdagangan Dunia," ucap Trump, dikutip dari Asian Correspondent, Jumat 10 November 2017.

Kesalahan ini, lanjut dia, memang ada di pendahulunya --tanpa menyebut nama Barack Obama-- dan mulai hari ini, Trump menyatakan akan bersaing secara adil dan seimbang.

"Kami tidak akan membiarkan Amerika dipermainkan lagi," tegas dia.

Ia pun sempat menyebut Tiongkok di mana ia menganggap Tiongkok memanfaatkan AS dalam bidang perdagangan. "Saya tidak akan menyalahkan Tiongkok atau negara lain," ucap dia.

"Saya akan selalu menempatkan Amerika terlebih dahulu, dengan cara yang sama seperti yang saya harapkan dari Anda di ruangan ini untuk menempatkan negara Anda terlebih dahulu," ungkap Trump lagi.

Trump juga memperingatkan kawasan Asia-Pasifik mengenai bahaya Korea Utara. Menurutnya, Kawasan Asia-Pasifik tidak boleh tersandera pada fantasi sinting seorang diktator tentang penaklukan yang ganas dan pengembangan senjata nuklir.

Selain itu Trump memperingatkan bahwa setiap langkah yang dilakukan rezim Korea Utara terhadap lebih banyak senjata merupakan langkah yang membawa bahaya lebih besar dan makin besar.

Presiden AS ke-45 ini juga ingin mendapatkan dukungan untuk meningkatkan sanksi terhadap Pyongyang saat berkunjung ke Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Vietnam, dan Filipina.



(FJR)