Ribuan Umat Muslim Tiongkok Salat Id di Masjid Niujie

Sonya Michaella    •    Senin, 12 Sep 2016 15:08 WIB
idul adha 2016
Ribuan Umat Muslim Tiongkok Salat Id di Masjid Niujie
Umat Muslim Tiongkok melaksanakan Salat Id (Foto: Putra Nababan/Metro TV)

Metrotvnews.com, Beijing: Tak hanya di negara Muslim, negara dengan minoritas Muslim seperti Tiongkok juga merayakan Idul Adha.

Terlihat pelaksanaan sholat Idul Adha yang dihadiri ribuan jemaan di Masjid Niujie, Beijing, pagi ini, Senin (12/9/2016).

Meski tak ada libur nasional di Tiongkok, masyarakat Muslim Beijing dan sekitarnya tetap antusias menjalankan ibadah.


Foto: Putra Nababan/Metro TV

Masjid bersejaran berumur lebih dari 1.000 tahun ini dipenuhi jamaah hingga ke lapangan bagian belakang kompleks masjid.

Masjid ini terletak tepat di ibu kota Tiongkok, Beijing. Masjid yang telah mengalami renovasi dan perluasan beberapa kali ini merupakan pusat komunitas Muslim Beijing yang jumlahnya mencapai 200 jiwa.


Foto: Putra Nababan/Metro TV

Arsitekturnya sendiri memperlihatkan campuran desain khas Tiongkok-Islam. Masjid terbesar di Beijing ini juga menjadi titik awal masuknya Islam ke daratan Tiongkok.

Inisiator pendiri Masjid Niujie adalah intelektual Arab bernama Nasharuddin dan mulai dibangun pada 996. Bangunan masjid yang berdiri di areal tanah seluas 10 ribu meter persegi ini sejak 1988 telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi Pemerintah Kota Beijing
(FJR)