Presiden Baru Singapura: Saya Presiden untuk Semua Orang

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 13 Sep 2017 16:38 WIB
politik singapura
Presiden Baru Singapura: Saya Presiden untuk Semua Orang
Halimah Yacob, presiden perempuan pertama Singapura berpose bersama sang suami (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Singapura: Presiden baru Singapura Halimah Yacob mengatakan dia adalah presiden untuk semua orang. Terpilihnya Halimah menjadikannya presiden perempuan pertama untuk Singapura.
 
"Saya adalah presiden untuk semuanya. Meskipun ini adalah pemilihan 'cadangan', saya bukan presiden cadangan," ucapnya di depan para pendukungnya, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu 13 September 2017.
 
 
Halimah meminta masyarakatnya untuk berfokus pada kesamaan yang dimilikinya. "Saya minta Anda berfokus pada kesamaan yang kita miliki, bukan pada perbedaannya."
 
Mantan Ketua Parlemen Singapura ini menjadi presiden perempuan pertama di Negeri Singa tersebut. "Saya berjanji untuk melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk melayani rakyat Singapura," kata Halimah.
 
"Semangat dan komitmen saya untuk melayani rakyat Singapura tetap sama, saya tetap berkomitmen penuh melayani rakyat Singapura dan negeri ini," lanjut dia.
 
Pengukuhan dirinya akan dilakukan pada Kamis besok di Istana. Hal ini sudah dikonfirmasi Kantor Perdana Menteri Singapura.
 
 
Halimah menuturkan, sebagai presiden, prioritas utamanya adalah merangkul semua warga Singapura untuk melakukan hal-hal baik bersama demi membangun bangsa. Para mantan presiden, seperti Mohamed Salleh Marican dan Farid Khan berharap Halimah Yacob bisa menjadi presiden terbaik Singapura.
 
Perempuan keturunan Melayu ini berkecimpung di dunia politik atas desakan dari mantan Perdana Menteri Goh Chok Tong pada 2001 silam. Karirnya terus menanjak ketika ia ditunjuk menjadi Menteri Pengembangan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga pada 2011.
 
Setelah itu, ia juga menjadi Ketua Parlemen perempuan pertama di Singapura dan sekarang ia menjadi Presiden perempuan pertama di Singapura.



(FJR)