Pertemuan Menlu ASEAN

Menlu ASEAN Suarakan Keprihatinan atas Uji Coba Rudal Korut

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 05 Aug 2017 17:58 WIB
asean
Menlu ASEAN Suarakan Keprihatinan atas Uji Coba Rudal Korut
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi usai foto bersama dengan para Menlu ASEAN (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Manila: Para menteri luar negeri ASEAN, menyuarakan keprihatinan mereka atas meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Terutama usai uji coba rudal oleh Korea Utara (Korut).
 
"Perkembangan ini (di Semenanjung Korea) merupakan ancaman serius terhadap perdamaian dan kestabilan di kawasan dan dunia," sebut pernyataan bersama Menlu ASEAN, seperti dikutip Channel News Asia, Sabtu 5 Agustus 2017.
 
 
Sorotan para Menlu ASEAN ini mereka sampaikan pada pertemuan tahunan para Menlu ASEAN, yang kali ini dilaksanakan di Manila, Filipina.
 
"Kami mendorong Korea Utara untuk memenuhi kewajibannya yang sudah diatur dalam resolusi Dewan Keamanan PBB," imbuh pernyataan tersebut.
 
Pernyataan yang bernada keras ini dikeluarkan berbeda dibandingkan ketika kejadian serupa terjadi, dengan dikeluarkan terpisah. Sebelumnya pernyataan serupa dikeluarkan melalui komunike bersama di akhir pertemuan menteri luar negeri.
 
Selain itu, pernyataan juga dikeluarkan menjelang pertemuan ASEAN Regional Forum (ARF) pada Senin 7 Agustus. Pertemuan ARF akan diikuti oleh 27 menteri luar negeri, termasuk 10 Menlu ASEAN dan negara mitra seperti Rusia, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, China dan Korea Utara.
 
"Kami mendesak Korut sebagai partisipan ASEAN Regional Forum untuk berkontribusi positif merealisasikan visi ARF demi mempertahankan Asia Pasifik kawasan yang damai, stabil, bersahabat dan makmur," tegas pernyataan Menlu ASEAN.
 
Korut terus mengupayakan pengembangan rudal yang mau memuat hulu ledak nuklir. Rudal balistik antar benua (ICBM) terbaru yang diuji pada pekan lalu itu, diyakini bisa menggapai AS.
 
China sebagai negara yang dekat dengan Korut, meminta semua pihak untuk tenang dan menahan diri untuk melakukan tindakan yang bisa memicu ketegangan.



(FJR)